Tanggal :2 July 2022

Teknologi Wireless, Sederhana dan Serba Bisa

Seseorang sedang melakukan panggilan suara menggunakan smartphone | Magnet.me, Unsplash

Siapa yang tidak kenal teknologi wireless?, Di masa ini, teknologi wireless sudah umum digunakan di masyarakat. Dilansir dari baktikominfo.id, teknologi ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media perpindahan data. Hal ini membuat proses transfer data menjadi lebih efisien dikarenakan tidak lagi membutuhkan kabel yang dinilai kurang praktis. Selain itu, penerapan wireless juga dapat meminimalisir biaya operasional. 

Perangkat elektronik yang menggunakan teknologi wireless | Akhil Yerabati, Unsplash

Keunggulan dari teknologi wireless adalah fleksibilitas mengagumkan untuk dipakai di berbagai perangkat mobile dan juga elektronik. Pada umumnya penggunaan wireless mengacu pada komputer dan laptop. Namun, saat ini teknologi wireless juga lumrah dipakai pada alat komunikasi seperti smartphone beserta aksesorisnya. Bahkan beberapa alat elektronik lainnya juga sudah menggunakan metode wireless ini seperti headset, microphone dan speaker.

Mulai dari yang paling sederhana yaitu telefon yang dulunya masih menggunakan kabel, sekarang telah menggunakan smartphone yang jauh lebih praktis. Tak sampai disitu, untuk pengisian daya smartphone juga sudah menggunakan wireless charging. 

Pengisan daya pada smartphone menggunakan wireless charger | Daniel Korpai, Unsplash

Cara kerja wireless charging yaitu dengan transmisi arus listrik dari sumber listrik ke perangkat penerima tanpa menggunakan koneksi fisik atau kabel. Arus listrik kemudian digunakan untuk mengalirkan atau mengisi ulang baterai dari perangkat penerima. Perangkat yang bisa menerima arus listrik dari wireless charging adalah smartphone, tablet atau dapat dipakai untuk forklift industri besar. Pengguna cukup meletakkan perangkat elektronik yang ingin di-charge di atas alat pengisi daya nirkabel. Saat alat itu dinyalakan, arus listrik menciptakan medan magnet dan menyalurkannya ke kumparan perangkat di atasnya.

Selain charger, fitur lain yang sedang happening di masyarakat adalah wireless earphone. Wireless earphone menawarkan kemudahan seperti fleksibilitas dalam menjalankan aktivitas seperti olahraga tanpa perlu khawatir terlepas dan tak perlu repot dengan urusan kabel. Tetapi, wireless audio yang menggunakan teknologi bluetooth, sebelumnya sudah digunakan pada speaker, bahkan jauh sebelum wireless earphone.

Nah, itu dia teknologi wireless yang sudah digunakan di masyarakat. Teknologi mana yang sudah Smart People gunakan? Dan kira-kira teknologi apalagi yang dapat menjadi wireless di masa depan? Berikan komentar kamu di bawah ya! 

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. http://grahailmu.id/product/teknologi-jaringan-wireless-koneksi-tanpa-kabel/
  2. https://lptik.unand.ac.id/berita-dan-panduan/item/140-wireless-headphone-atau-regular-headphone-mana-yang-lebih-baik
  3. https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/keunggulan_dan_kekurangan_teknologi_wireless_anda_sudah_tahu-811
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »