Tanggal :19 April 2024

Press Conference Indonesia-Chine Smart City Technology & Investment Expo 2023

SMARTNATION.ID –  Ketua Panitia Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023, Mayjen TNI (Purn) Ben Yura Rimba, menggelar press conference setelah pembukaan Smart City Expo 2023 pada Rabu (24/5/2023) di Grand Ballroom Shangri-La Hotel, Jakarta. Press conference ini dihadiri oleh Loretta Lam Thamrin selaku Direktur PT. CAIH Infotech Indonesia, Ben Yura Rimba selaku Ketua Panitia Smart City Expo 2023, Rahmat Wijaya Sakti selaku perwakilan Kadin Indonesia Komite Tiongkok, dan Candra Yap selaku Sekjen Indonesia Tiongkok.

“Acara ini merupakan pameran pertama yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI). Karena memang, acara smart city ini merupakan salah satu bentuk upaya dukungan INTI terhadap perkembangan perekonomian pasca pandemi di Indonesia,” ujar Chandra.

Ketua Panitia Smart City Expo 2023 yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum INTI, Ben Yura Rimba menyebutkan bahwa INTI telah berdiri kurang lebih 24 tahun dan hanya bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, bakti sosial dan sebagainya. Namun pada tahun ini, INTI akan bergerak di bidang smart city yang berkolaborasi dengan Tiongkok untuk menggabungkan potensi teknologi melalui Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) sebagai penghubung antara Indonesia dan Tiongkok. 

Menanggapi pertanyaan dari awak media terkait alasan pemilihan smart city sebagai topik acara tersebut, Ben mengatakan bahwa dalam waktu 10-15 tahun kedepan Indonesia harus go smart. Go smart yang dimaksud meliputi revitalisasi taman kota, pelayanan publik, dan sebagainya. 

Lebih lanjut dijelaskan Loretta, konsep smart city bukan hanya sekedar jaringan internet maupun WiFi. Namun konsep smart city meliputi tata kota dan kehidupan masyarakat yang memanfaatkan teknologi digital secara efisien. Karena masih terdapat 548 kabupaten di Indonesia yang memerlukan solusi melalui penerapan smart city.

Loretta juga menyebutkan bahwa target acara ini adalah membawa solusi dan mempertemukan investor kepada kepala daerah yang ada di Indonesia untuk merealisasikan proyek tersebut. Tidak hanya itu, dalam persiapan smart city expo ini, pihak penyelenggara juga mendapatkan beberapa MoU. Salah satunya adalah pendirian pusat teknologi herbal Indonesia dan Tiongkok yang bekerja sama dengan Transfer Centre

“Melalui acara ini, INTI berharap hubungan antara Indonesia dan Tiongkok bisa terus bekerja sama dalam bidang teknologi. Jika acara pertama ini sukses, INTI akan menjadikan agenda yang diadakan enam bulan sekali ataupun satu tahun sekali bersama KIKT,” pangkas Ben.

 

Penulis,

Desi Fitriani

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »