Tanggal :24 May 2022

Smart Nation Sekarang Di atas Langit

Ketika kota mulai beradaptasi dengan cara hidup baru, pertanyaan yang tak terhindarkan adalah: Bagaimana pemerintah mencapai transformasi digital dalam skala besar? Bagaimana kota pintar akhirnya mengarah ke negara pintar?

Pertama, kita harus bertanya: Apa itu negara cerdas? Menurut GovTech Singapore, negara cerdas berarti orang dan bisnis adalah:

  1. Diberdayakan melalui peningkatan akses ke data.
  2. lebih terlibat melalui kontribusi ide dan solusi inovatif.

Diuntungkan oleh pemerintahan preemptive yang memanfaatkan teknologi untuk melayani kebutuhan warga dengan lebih baik.

Menerjemahkan Data

Data memengaruhi segalanya, mulai dari perumahan dan transportasi hingga pengalaman warga. Data memberikan konteks dan umpan balik secara real time. Hal ini, pada gilirannya, membantu pemerintah menjadi lebih efisien dan lebih responsif terhadap keinginan dan kebutuhan warga. Pada saat yang sama, para pemimpin pemerintah mengakui bahwa diperlukan aturan yang jelas untuk mengumpulkan, menangani, dan menggunakan jumlah data yang tersedia.

Tetapi tujuan akhirnya sederhana: Meningkatkan kualitas hidup semua orang di kota.

Studi Kasus: Perjalanan Transformasi Kota Cerdas PCMC

Sumber : www.hindustantimes.com

Pimpri Chinchwad telah berkembang jauh dari akarnya sebagai kelompok desa kecil. Saat ini, kota ini menjadi model kota pintar dan pusat bisnis terkemuka di wilayah Pune, India. Bagian penting dari pertumbuhan kota dapat dikaitkan dengan Pimpri Chinchwad Municipal Corporation (PCMC), dalam memastikan bahwa Pimpri Chinchwad berkembang menjadi tujuan yang dinamis, menarik, dan layak huni.

Dengan tanggung jawab untuk mengubah Pimpri Chinchwad India menjadi kota pintar, ada kebutuhan kritis bagi PCMC, untuk terlebih dahulu memodernisasi dan memperbarui pusat datanya sendiri. Tim teknologi dan informasi (TI) harus memastikan tumpukan teknologi dapat beradaptasi, gesit, scalable, dan cukup tangguh untuk mendukung proyek transformasi skala besar.

Pimpri Chinchwad Municipal Corporation harus mengatasi kendala TI pada manajemen pusat data, segmentasi mikro, dan lingkungan tanpa kepercayaan untuk memastikan kelangsungan bisnis yang mulus.

Melalui proses evaluasi, VMware muncul sebagai mitra teknologi terpercaya untuk PCMC dalam kemitraan dengan Tech Mahindra. VMware mengimplementasikan arsitektur Software Defined Data Center (SDDC) yang mencakup komputasi, penyimpanan, dan jaringan ter virtualisasi terbaik di kelasnya dengan manajemen cloud yang komprehensif. Pendekatan ini membantu PCMC menggunakan infrastruktur yang sepenuhnya ter virtualisasi yang murah dan mudah dikonfigurasi.

Membangun bangsa yang cerdas adalah upaya seluruh bangsa yang terdiri dari tiga pilar:

  1. Pemerintah Digital
  2. Ekonomi Digital
  3. Masyarakat Digital

Pemerintahan Digital Singapura

Sumber : Liputan6.com

Dalam hal pemerintahan digital, Singapura beruntung dapat membangun upaya kuat sebelumnya. Saat ini, sebagian besar transaksi antara warga dan pemerintah dapat dilakukan secara online, dan aplikasi terintegrasi mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan antar-lembaga.

Menurut IT News Asia, hampir setengah dari warga Singapura yang disurvei (49%) setuju bahwa Pemerintah kini memberikan pengalaman digital yang lebih baik. Selain itu, 56% responden mengatakan bahwa pemerintah telah memberi mereka jaminan bahwa informasi pribadi mereka aman.

Segera setelah pembentukan, Singapura meluncurkan lima Proyek Nasional Strategis:

1. Identitas Digital

Singpass adalah identitas digital tepercaya setiap penduduk Singapura, serta platform yang menjembatani akses ke lebih dari 340 lembaga pemerintah dan layanan sektor swasta.

2. Pembayaran Elektronik

Industri perbankan Singapura meluncurkan FAST (Fast And Secure Transfers), yaitu sistem pembayaran yang memungkinkan transfer real-time antara konsumen dan bisnis di berbagai bank.

3. Moments of Life (MOL)

Aplikasi Moments of Life (MOL) menempatkan warga di jantung layanan digital pemerintah. Ini memberikan layanan dan informasi terintegrasi kepada warga negara pada tonggak penting dalam hidup mereka.

4. Platform Sensor

Melalui jaringan sensor bersama, Smart Nation Sensor Platform (SNSP) memungkinkan lembaga untuk lebih memaksimalkan penyebaran dengan mengumpulkan dan menganalisis data untuk membuat keputusan tentang perencanaan kota dengan cara yang hemat biaya dan meningkatkan penyampaian layanan publik yang berpusat pada warga.

5. Mobilitas Perkotaan Cerdas

Menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kenyamanan, kemudahan dan keandalan sistem transportasi umum mereka, dan mendukung visi Singapura yang car-lite.
Sebagian besar adalah platform digital di mana lebih banyak kasus penggunaan dapat dieksplorasi dari waktu ke waktu.

Dari Smart City menjadi Smart Nation

Sumber : blog.gamatechno.com

Investasi TI pernah mengunci kota dan negara ke dalam rencana yang mahal dan sangat berjangka panjang. Sekarang, dengan menggunakan kombinasi yang tepat dari teknologi modern dan solusi cerdas, pemerintah dapat merespons tuntutan yang berubah secara lebih dinamis.

Jalan pemerintah di seluruh dunia masih panjang, bahkan yang paling maju sekalipun. Cuplikan dari McKinsey Global Institute (MGI) ini merinci penyebaran di 50 kota di seluruh dunia. Laporan tersebut mengukur kemajuan setiap kota menggunakan daftar periksa aplikasi pintar. Mobilitas adalah prioritas utama bagi sebagian besar kota. Tetapi aplikasi dengan jumlah aplikasi tertinggi yang diimplementasikan secara keseluruhan seperti London, Los Angeles, New York, Seoul, Shenzhen, dan Singapura bercabang menjadi beberapa domain, seperti keamanan, utilitas, dan perawatan kesehatan.

Beberapa kota memulai transformasi mereka dengan keunggulan yang melekat, seperti industri teknologi tinggi yang ada. Tetapi bahkan negara-negara yang kurang maju pun dapat memisahkan diri dengan visi, manajemen yang baik, kemauan untuk memutuskan cara-cara konvensional dalam melakukan sesuatu, dan komitmen tanpa henti untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

Penulis : Diva Maharani | Ilustrasi : Akbar Nugroho

Referensi:

  1. https://www.tech.gov.sg/media/technews/digital-government-smart-nation-pursuing%20singapore-tech-imperative 
  2. https://www.singpass.gov.sg/main/singpass-our-ndi/ 
  3. https://www.smartnation.gov.sg/what-is-smart-nation/initiatives/Strategic-National-Projects/e-payments-1 
  4. https://www.tech.gov.sg/scewc2019/mol 
  5. https://www.tech.gov.sg/scewc2019/snsp 
  6. https://www.smartnation.gov.sg/what-is-smart-nation/initiatives/Strategic-National-Projects/smart-urban-mobility 
  7. https://www.itnews.asia/news/singapores-citizenry-gives-digital-government-the-thumbs-up-562343
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »