Tanggal :19 April 2024

World IT Show: Berhasil Meraih 1:1 Business Meeting Terbesar 2023

World IT Show (WIS) merupakan pameran industri digital internasional terbesar di Korea yang berfokus pada bidang Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan Mobile and Telecommunication. WIS 2023 dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 19-21 April 2023 dan berlokasi di Digital Innovation Hall, lantai 3 COEX, Seoul. WIS diselenggarakan oleh Ministry of Science and ICT Korea dan The Korea International Trade Association (KITA)

Salah satu kegiatan WIS adalah forum 1:1 business meeting yang berhasil menghadirkan 44 perusahaan dari 11 negara termasuk Inggris, Kanada, China, Jepang, Singapura, Taiwan, Indonesia, India, Vietnam serta 112 perusahaan dalam negeri. 1:1 business meeting untuk pertama kalinya dilaksanakan secara offline dalam tiga tahun terakhir sejak tahun 2019. Pada tahun ini WIS mengusung tema “Changing our life, K-Digital, World IT Show”.

Perusahaan yang tergabung untuk melakukan 1:1 business meeting pada hari pertama mencapai 286 konsultasi dan ditaksir bernilai puluhan juta dollar. Namun, pada tahun 2023 pertama kalinya 1:1 business meeting berhasil mendapatkan ekspor terbesar yang mencapai ratusan juta dollar. Jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu perbedaannya mencapai 20 kali lipat. 

Pada waktu yang bersamaan, acara ini juga diselingi dengan konferensi prospek TIK global dengan tema “Nilai Teknologi untuk Membuka Dunia Masa Depan.” Konferensi pers tersebut, terdapat beberapa pejabat penting yang memberikan sambutan, yaitu Profesor Yoon Hyo-sang Direktur Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Ha Jung-woo selaku Direktur Naver Artificial Intelligence Lab (AI Lab). 

Melalui kata sambutannya, yang dilansir dari m.etnews.com kedua Direktur tersebut menjelaskan mengenai masa depan negara dengan memanfaatkan teknologi digital. Ada beberapa item yang termasuk dalam 1:1 business meeting, yaitu 5G, Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Digital Twins, Metaverse, Robots dan Security. Teknologi ini merupakan gambaran mutakhir untuk mendukung digitalisasi dalam dunia industri. 

Selain itu, setiap perusahaan yang menghadiri acara 1:1 business meeting ini memiliki tujuan untuk menjalin kerjasama dalam bisnis melalui konsultasi yang dilakukan dengan perusahaan Korea untuk mendapatkan peluang perdagangan serta mempromosikan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Berdasarkan pernyataan yang disampaikan oleh Ahmad Murad dan Henry Setiawan yang dilansir dari m.etnews.com menyampaikan “kedatangan saya dalam kegiatan ini untuk dapat mengeksplorasi teknologi yang memiliki keunggulan mutakhir dalam mendukung digitalisasi, seperti AI, IoT dan Cloud.” tutur Ahmad Murad selaku Penasihat Investasi Strategi Teknologi di Deloitte. 

Namun, Henry Setiawan Wayano selaku Vice President PT Telkom yang juga hadir pada kegiatan ini menyebutkan “dalam acara 1:1 business meeting ini kami mencari teknologi yang dapat mendorong digitalisasi di industri dan sektor kesehatan Indonesia.”

 

Penulis,

Desi Fitriani

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »