Tanggal :19 April 2024

Menteri BUMN Erick Thohir Mendukung Penuh Kolaborasi Indonesia-China

SMARTNATION.ID –  Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri pameran expo hari kedua di acara Indonesia-China Smart City Technology & Investment Expo 2023 di Grand Ballroom, Sharing-La Hotel, Jakarta, Kamis (25/05/2023). Pada kesempatan tersebut, Erick menjelaskan tentang kelanjutan kolaborasi antara Indonesia dan Tiongkok. 

Lebih lanjut, Erick Thohir menanggapi pertanyaan dari perwakilan INTI Guangzhou mengenai hal yang dapat meyakinkan investor China untuk berinvestasi di Indonesia. Menurut Erick, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meyakinkan para investor China yang bertujuan melakukan kerjasama dan berinvestasi di Indonesia yaitu membangun kepercayaan, melakukan training orang Indonesia di Indonesia dan yang terakhir Indonesia membutuhkan lapangan pekerjaan.

Erick juga menyebutkan, beberapa tahun kedepan Indonesia akan mengalami pertumbuhan penduduk yang begitu pesat. Ini mengakibatkan perekonomian Indonesia juga akan mengalami pertumbuhan 5% di setiap tahunnya. Indonesia memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang berkualitas dan menjanjikan. 

“Apalagi pemerintah Indonesia sedang giat-giatnya meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) semua government pengadaan yang jumlahnya banyak sekali, itu harus ada 40% TKDN” ujarnya.

“Salah satu alasan yang meyakinkan Presiden RI Joko Widodo melakukan pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah untuk meratakan perekonomian di seluruh Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa saja, namun juga di daerah-daerah yang memiliki potensi baik dari segi sumber daya alam maupun manusianya. Hal inilah yang menjadi isu utama yaitu, digital ekonomi dan smart city” tutur Erick.

Penulis,

Desi Fitriani

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »