Tanggal :10 December 2022

Talkshow ISNA 2022: Implementasi Smart City Bagi Kemajuan Indonesia Bersama PEMDA

Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) 2022 merupakan ajang penghargaan bagi pemerintah daerah (Pemda) Kota/Kabupaten di Indonesia yang menciptakan inovasi smart city terbaik bagi masyarakatnya. Sejak 2015, Citiasia Inc. merupakan  konsultan yang menjadi salah satu pionir dan konsisten mendorong promosi dan pengembangan program, layanan, serta ekosistem smart city di Indonesia. 

ISNA sebagai salah satu program unggulan dari Citiasia Inc. yang telah dilaksanakan pada 2015, 2016, 2018, 2020, dan 2022 dengan mengangkat berbagai inovasi pada dimensi smart economy dan smart branding daerah, di antaranya pada sektor dan aspek pariwisata, perbaikan iklim usaha, ekonomi kreatif, pengembangan UMKM, serta ekonomi digital.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat Indonesia mulai berbondong-bondong mempelajari tentang smart city. Salah satu perusahaan yang berfokus pada bidang smart city di Indonesia yaitu Citiasia Inc. 

Talkshow Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) 2022 membahas mengenai smart city di Kota/Kabupaten Indonesia. Pembahasan ini disampaikan dalam sambutan Fitrah Rachmat Kautsar sebagai CEO Citiasia Inc. dengan memperkenalkan bahwa Citiasia Inc. merupakan perusahaan yang mengusung inovasi-inovasi untuk kemajuan pembangunan Kota/Kabupaten, serta menjadi perusahaan penyedia layanan cerdas. Selain itu, juga membantu pembuatan Master Plan, Blue Print, dan lain-lain.

Citiasia Inc. telah membuka kerja sama dengan Kota/Kabupaten di Indonesia untuk menciptakan wilayah yang terintegrasi dengan layanan cerdas (smart city). Pada Kesempatan ini dapat dilihat kerja sama dengan menghadirkan 3 narasumber diantaranya:

  • Aryo Ramandhito (Senior Analyst RUN System) membahas mengenai kolaborasi antara swasta dan daerah melalui platform digital untuk pemulihan ekonomi. Pada kolaborasi ini melibatkan antara swasta dan pemerintah daerah. 
  • Hanny Winarti (General Account Management Lead, Qiscus) membahas mengenai pembangunan pelayanan yang optimal melalui pengalaman pelanggan. Hal ini memberikan alternatif kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan pusat aduan masyarakat, serta memberikan gambaran pengolahan data layanan aduan masyarakat. 
  • Wahyudi (Telkom Indonesia) membahas mengenai pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi untuk keberlangsungan ekonomi desa. Pada kolaborasi ini dengan memberikan peluang yang dapat dioptimalkan desa untuk mendorong perekonomian desa, serta memberikan gambaran inovasi untuk pemberdayaan masyarakat dan keberlanjutan ekonomi desa di era digital. 

Dengan begitu, Citiasia Inc. menjadi salah satu yang menjembatani agar pemerintah daerah dapat lebih aktif untuk mengelola wilayahnya melalui konsep smart city, sebagai upaya meningkatnya SDM wilayahnya di bidang perekonomian dan pariwisata. 

Dengan demikian, adanya inovasi dapat memajukan Kota/Kabupaten di Indonesia menjadi lebih baik. Ikuti terus Informasi ISNA di akun instagram @citiasiainc dan @smartnation.id

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »