Tanggal :10 December 2022

Framework Indonesian Smart Nation Award (ISNA) 2022

Citiasia Inc. merupakan lembaga konsultasi yang berkomitmen mendorong penghargaan smart city di Indonesia. Dalam perkembangannya, perusahaan Citiasia Inc. memiliki program besar, salah satunya Indonesian Smart Nation Award (ISNA) yang merupakan ajang penghargaan bagi pemerintah daerah (Pemda) Kota/Kabupaten di Indonesia yang menciptakan inovasi smart city terbaik bagi masyarakatnya. Citiasia Inc. resmi menggelar ISNA 2022 berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (17/11/22). 

Citiasia Inc. telah berhasil menggelar ajang penghargaan ISNA dari tahun 2015 hingga 2022. Untuk tahun ini, ISNA 2022 mengusung tema “Smart City Innovation: For Post-Pandemic Economic Recovery”.

“Ini sudah sampai kali yang kelima ISNA dilaksanakan. Kali yang kelima kami secara konsisten mengumpulkan inovasi-inovasi, pembelajaran-pembelajaran cerdas yang baik, yang kemudian bisa kita sampaikan kepada Indonesia dan kemudian bisa menjadi pembelajaran-pembelajaran untuk kita mewujudkan smart city, smart regency, nantinya smart province, dan akhirnya menjadi smartnation,” ujar Fitrah R. Kautsar (CEO Citiasia), dalam sambutannya.

Penghargaan ISNA 2022 ini difokuskan pada pemerintah daerah yang berhasil mengimplementasikan dua pilar utama dari smart city, yakni smart branding dan smart economy. Smart Branding adalah peningkatan daya saing daerah dengan penataan wajah kota dan pemasaran potensi daerah baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. Sedangkan, smart economy adalah mewujudkan ekosistem yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat yang selaras dengan sektor ekonomi unggulan daerah yang adaptif terhadap perubahan di era reformasi saat ini, serta meningkatkan financial literacy masyarakat melalui berbagai program diantaranya mewujudkan less-cash society.

Pola penilaian Citiasia Inc. untuk Kota/Kabupaten dilakukan melalui riset komprehensif yang dilakukan menggunakan data tahun 2020-2022 dengan parameter khusus yang memperhitungkan berbagai faktor yaitu penilaian inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah serta data quick win dari setiap Masterplan Smart City pemerintah daerah yang terlibat dalam Gerakan Menuju Smart City.  Data tersebut selanjutnya dikombinasikan dengan hasil evaluasi dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dari Kemenpan-RB serta hasil penilaian Kemendagri untuk Indonesia Government Award (IGA) yang telah dilaksanakan terlebih dahulu. Penilaian ini juga memanfaatkan sampling respon masyarakat melalui  survei langsung serta analisis di media sosial.

“Parameter yang digunakan dalam penilaian antara lain adalah terkait pasca implementasi (manfaat, keberlanjutan, akuntabilitas), implementasi (pembiayaan, kemitraan/kolaborasi, adopsi teknologi), perencanaan (kesesuaian dengan dokumen perencanaan), serta profil inovasi (kreativitas dan keunikan),” terangnya.

Dalam penilaian dan penganugerahan ISNA 2022, Citiasia Inc. melibatkan Founder dan Co-Founder Citiasia Inc. sebagai juri, yaitu Dr. Cahyana Ahmadjayadi (Chairman Citiasia Inc.), Dr. Ashwin Sasongko (LIPI Research), Farid Subkhan (Digital Business Expert), Izzudin Al Farraz Adha (INDEF Research), dan Hari Kusdaryanto (Chief Innovation Officer Citiasia Inc.). Oleh karena itu, adanya inovasi ini dapat memajukan Kota/Kabupaten di Indonesia menjadi lebih baik. Selain itu, program ini dapat memudahkan masyarakat dalam menunjang perekonomian dalam branding wilayahnya agar dikenal oleh khalayak umum.

Ikuti terus Informasi ISNA di akun instagram @citiasiainc dan @smartnation.id

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »