Tanggal :25 January 2022

Bandung Raih Peringkat 2 Penghargaan Smart City, ini Kata Ridwan Kamil

Jakarta – Bandung menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan Smart Region dalam Indonesia Smart Nation Award. Di kategori kota berukuran besar, Bandung menduduki peringkat kedua.

Bandung kalah dari Surabaya, namun mengungguli Semarang, Bekasi, dan Depok. Atas hasil tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku cukup puas.

“Smart city ini kan masih hal baru, kami belum ada referensi, jadi masing- masing kota berjuang sendiri,” kata pria yang akrab disapa Emil ini. Dia hadir dalam malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel JS Luwansa, Selasa (20/10/2015) malam.

Emil mengakui keunggulan kota Surabaya yang meraih urutan pertama sebagai Smart City dalam penghargaan ini. Itu karena kota pahlawan tersebut sudah lebih berpengalaman.

“Surabaya sudah mulai lebih dahulu, dia sudah sekitar lima tahun. Saya baru mulai dua tahun,” ujarnya.

Aspek smart city dianggap sudah menjadi kebutuhan suatu daerah. Pemerintah pusat diharapkan segera menyiapkan peta pergerakan smart city ini.

“Karena ini kan sudah terlalu jauh ya. Bukan soal juara 1 atau 2, tapi dibutuhkan pemetaan kota-kota yang masih banyak tertinggal,” ungkap Emil.

Penilaian dalam penobatan Smart City dilihat dari jumlah masalah yang berhasil diselesaikan oleh suatu kota atau daerah. Menurut Emil, sejauh ini Bandung sendiri sudah berhasil menyelesaikan 300 masalah.

“Ya saya kan bekerja sesuai kebutuhan. Bekerja sesuai target untuk memberikan yg terbaik,” ucapnya.

Acara ini merupakan kerja sama dari Citiasia inc, Indosat dan Datacomm sebagai penggagas dan mendapat dukungan dari Kemendagri serta DPD RI. Pemenang dalam anugerah ini dibagi menjadi kategori kota, kabupaten, provinsi. Lalu pemenang dibagi lagi menjadi sub kategori berukuran besar, sedang dan kecil.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *