Tanggal :19 January 2022

Kota Semarang Raih Penghargaan Daerah Pintar 2015

Laporan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Pemkot Semarang meraih Penghargaan Indonesia Smart National Award (ISNA) 2015 sebagai kota terbaik ketiga kategori kota besar setelah Kota Surabaya dan Kota Bandung.

Penghargaan diserahkan Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Setiawan Wangsaatmadja kepada Pj. Walikota Semarang, Tavip Supriyanto di Ballroom Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa (20/10).

Sementara itu, Kota Bekasi dan Depok berada di urutan keempat dan kelima. Acara ini dihadiri Ketua DPD RI, Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Indonesia.

Tavip menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang merupakan prestasi bersama antara pemerintah, stakeholder, dan masyarakat Semarang ini. Ke depan, lanjut Tavip, Pemkot Semarang akan berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat, penyediaan infrastruktur serta sarana pendidikan.

“Utamanya dalam menciptakan Kota Semarang yang semakin hijau, berbudaya dan lebih baik di sisi pendidikan, pelayanan masyarakat dan informasi publik,” ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Rabu (21/10). Oleh karenanya, lebih lanjut, jajaran Pemkot Semarang terus mengembangkan teknologi informasi sebagaimana semangat daerah pintar.

Kota Semarang berhasil unggul mengalahkan 45 nominator ISNA 2015. Penghargaan ini awalnya digagas oleh Citiasia Center for Smart Nation sebagai wujud komitmen mendukung efektifitas komunikasi di daerah. Sejumlah juri dari akademisi, sektor publik maupun swasta dilibatkan dalam penilaian ISNA 2015.

Para pemenang ISNA 2015, akan dijadikan percontohan penggunaan digital community based economy yang akan membantu percepatan akselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis digital. Selanjutnya, kepada para pemenang maupun nominator juga akan diberikan dukungan teknologi dan pendampingan smart region. Dukungan diberikan berupa secure email service (Sepadan) dansecure mobile collaboration (Sitegas) yang akan memberikan kenyamanan, keamanan dan efektivitas bagi Pemda untuk berkomunikasi baik secara internal maupun eksternal. Dukungan ini diberikan oleh Indosat, Datacomm, dan Citiasia, Inc. (*)

Penulis: galih permadi
Editor: iswidodo

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *