Tanggal :2 July 2022

Apple: Perusahaan Teknologi Raksasa yang Penuh Perjuangan Dibaliknya

Pada era ini, teknologi merupakan hal penting dalam hidup seorang manusia. Pernyataan itu sangat mungkin dibantah sebagian orang, tapi tetap tak dipungkiri dapat diamini sebagian lainnya. Pada gilirannya, aktivitas umat manusia semakin lama kian bergantung dengan teknologi. Salah satu alasan terkuatnya sangat sederhana, yakni untuk memudahkan pekerjaan tiap-tiap orang. Selaras dengan itu, munculah berbagai pabrik, industri dan perusahaan pengembang teknologi. Ada yang dikenal dan ada yang sama sekali asing.

Sebuah perusahaan teknologi raksasa dengan logo khasnya bergambar apel tergigit separuh sangat familiar bagi kita. Benar, ia adalah Apple Inc. perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Cupertino, California, Amerika Serikat. Apple dikenal sebagai perusahaan teknologi raksasa, produsen personal computer, perangkat lunak komputer, dan sejumlah perangkat pintar lain seperti ponsel pintar. Ketenaran perusahaan ini mencuat ketika antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) yang dikembangkannya mendapat perhatian publik, bahkan nyatanya sukses.

Apple inc pertama kali dibuat pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak, dua sahabat yang sudah berteman dekat dengan sangat lama. Perkembangan Apple dari perusahaan Apple bermula dari sebuah garasi rumah Jobs dengan peralatan yang seadanya. Setelah itu, mereka memiliki misi dalam membangun komputer Apple pertama yang bertujuan untuk mengubah sudut pandang masyarakat tentang pentingnya komputer kala itu.

Apple menemukan komputer pertama mereka oleh Wozniak. Komputer tersebut terlihat seperti mesin ketik dengan adanya monitor, keyboard, dan casing, diberi nama Apple I serta masih tergolong belum sempurna. Saat itu, komputer tidak memiliki monitor untuk menampilkan visual. Pengguna Apple I harus menggunakan TV sebagai layar dan keyboard yang terpisah. Pada kala itu penemuan Wozniak ini mengguncangkan dunia karena dapat dibangun dari komponen yang sederhana.

Apple memiliki kantor sendiri pada tahun 1978 dan pada tahun 1979 para insinyur diperkenankan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang bernama Xerox PARC dimana mereka mempelajari ilmu teknologi serta komputer di kampus PARC. Xerox PARC merupakan perusahaan yang sangat terkenal di dunia dan memiliki banyak prestasi teknologi. SehinggaJobs memutuskan untuk mengunjungi perusahaan tersebut dalam rangka menuntut ilmu. Namun sayang, pada tahun 1997 Apple hampir mengalami kebangkrutan.

Pada perkembangan Apple tahun 1997, Jobs ditetapkan sebagai CEO Apple dan akhirnya Apple kembali berjaya dengan adanya aliansi bekerja sama dengan Microsoft dalam rangka menciptakan software yaitu Mac. Selain itu, Jobs juga merilis iBook sebagai laptop personal, ada juga iPod untuk mendengarkan musik perangkat lunak lainnya. Hal tersebut membuat penjualan melonjak tinggi dan omset pun menjadi tinggi. Penemuan terbesar mereka terjadi pada tahun 2007, yaitu  ponsel pintar iPhone yang masih menjadi salah satu raja di pasaran masyarakat sampai saat ini.

IPhone diumumkan di Macworld Expo pada 9 Januari 2007. Jobs juga mengumumkan bahwa Apple Computer Inc kemudian akan disebut Apple Inc. karena perusahaan telah memperluas penekanannya pada elektronik konsumen juga.

Sudah 270.000 iPhone terjual selama 30 jam pertama penjualannya dan kemudian dikenal sebagai “pengubah permainan untuk industri”. Kesuksesan yang meluas dicapai dengan pengenalan produk iPhone, iPod Touch, dan iPad.

AppStore diluncurkan oleh Apple pada Juli 2008 untuk menjual aplikasi pihak ketiga untuk iPhone dan iPod-Touch. Dalam sebulan, 60 juta aplikasi terjual melalui toko daring tersebut dan mampu mencatatkan pendapatan harian rata-rata 1 juta dolar AS. Apple juga menjadi pemasok ponsel terbesar ketiga di dunia berkat popularitas iPhone.

Steve Jobs mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO karena faktor kesehatan pada 24 Agustus 2011, dan digantikan oleh Tim Cook. Jobs meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2011 yang menandai berakhirnya era yang luar biasa bagi Apple dan membawa perubahan besar dalam sejarah Apple. Namun, Apple masih terus mempengaruhi pasar dengan keajaiban teknologi yang inovatif hingga saat ini.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://www.pranataprinting.com/sejarah-awal-perusahaan-apple-dan-perkembangannya/
  2. https://amp.wartaekonomi.co.id/berita300690/kisah-perusahaan-raksasa-apple-penguasa-silicon-valley
  3. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/083000665/hari-ini-dalam-sejarah–apple-inc-didirikan-bagaimana-awal-mulanya-?page=all#page2
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »