Tanggal :28 January 2022

Caterpillar: Produsen Peralatan Konstruksi Terbesar di Dunia

Caterpillar Inc merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang merancang, mengembangkan, merekayasa, memproduksi, memasarkan, dan menjual permesinan dan mesin. Perusahaan ini merupakan produsen peralatan konstruksi terbesar di dunia. 

Perusahaan Caterpillar Inc memulai sejarahnya pada tahun 1925, saat Holt Manufacturing Company bergabung dengan C. L. Best Tractor Company untuk membentuk Caterpillar Tractor Company yang berkantor pusat di California. Akhir abad ke-19 di Amerika Serikat, keluarga Holt memproduksi roda gerobak dengan nama Stockton Wheel Company. Benjamin Holt, si pemilik ide, memecahkan masalah pemanen mekanis yang tidak dapat diandalkan karena membutuhkan waktu lama. Tahun 1886, perusahaan Holt menjual pemanen dengan roda gabungan pertamanya. Kemudian, perusahaan ini direorganisasi sebagai sebuah badan hukum yang didaftarkan di Delaware dengan nama Caterpillar Inc. 

Setiap dekade setelahnya, Caterpillar terus berinovasi dan berpartisipasi dalam konstruksi global, program militer, dan upaya kemanusiaan. Pada bulan Januari 2017, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka akan merelokasi kantor pusatnya dari Peoria, Illinois, ke Deerfield, Illinois, dan membatalkan rencananya pada tahun 2015 untuk membangun kompleks kantor pusat baru senilai $800 juta di pusat kota Peoria. 

Mesin dan generator Caterpillar membantu dalam upaya kemanusiaan, termasuk memadamkan sumur minyak yang terbakar di Kuwait (1991) dan membantu setelah Bom Oklahoma (1995). Proyek konstruksi termasuk Proyek Pelebaran Terusan Panama (1995) dan bagian Kanada sepanjang 351 mil dari pipa gas alam Maritimes & Northeast (1999). Perpanjangan produk termasuk grader turbocharged seri H (1995), yang terbesar adalah 24H (1996).

Perusahaan ini juga melisensi dan memasarkan serangkaian produk pakaian dan sepatu bot dengan nama Cat / Caterpillar. Permesinan buatan Caterpillar dapat dengan mudah dikenali melalui cat khas “Caterpillar Yellow” dan logo “CAT”. Saat ini Caterpillar terus memproduksi dan mengembangkan produk unggulan, termasuk motor grader. Motor grader Cat dikenal di seluruh dunia karena fitur dan kontrol kabin kelas dunia, serta elektronik dan hidraulik yang canggih.

Pada 2020, Caterpillar menempati peringkat ke-204 dalam daftar Fortune Global 500, dengan total pendapatan sebesar 53,80 miliar dolar AS. Sedangkan keuntungannya di tahun itu 6,09 miliar dolar AS berhasil dikantongi Caterpillar. 

Komitmen kuat untuk terus mempertahankan keunggulan dan tetap berfokus pada kebutuhan pelanggan menggerakkan Caterpillar untuk terus meningkatkan kualitas dan keandalan produk serta layanannya. Caterpillar diakui telah dan selalu memberikan kualitas tertinggi terhadap produk-produk mereka. Kesuksesan bagi Caterpillar, tergantung pada seberapa jauh mereka dapat melampaui kualitas harapan pelanggan dan terus mendukung apapun perubahan yang akan dan telah dilakukan oleh perusahaan.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Caterpillar_Inc.
  2. https://amp.wartaekonomi.co.id/berita346817/kisah-perusahaan-raksasa-caterpillar-jawaranya-barang-barang-konstruksi-dari-amerika
  3. http://shiftindonesia.com/six-sigma-penentu-eksekusi-strategi-di-caterpillar-2/amp/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.