Tanggal :6 July 2022

Chatbot: Teknologi Mutakhir Permudah Sebuah Bisnis

Design by: Arsy Eric

Memiliki fitur live chat pada laman web atau aplikasi bisnis menjadi cara efektif yang bisa digunakan dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Namun, bagaimana jika berhadapan pada situasi seperti mendapatkan banyak pertanyaan atau permintaan dalam satu waktu sekaligus? Merepotkan sekali, bukan?

Sebenarnya, kondisi ini dapat diatasi dengan merekrut banyak pegawai atau customer service. Hanya saja, opsi ini kurang tepat bagi perusahaan yang masih belum memiliki banyak modal dalam menggaji banyak pegawai.

Tak perlu khawatir karena kini telah ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menggunakan bantuan teknologi berupa Chatbot. Meskipun Chatbot belum bisa menggantikan peran manusia sepenuhnya, tetapi teknologi ini cukup efektif untuk memudahkan memberi respon kepada pelanggan dalam sementara waktu.

Istilah Chatbot atau dengan nama lain chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya. Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Chatbot juga menggunakan berbagai teknologi yang mutakhir di dalamnya selain Artificial Intelligence (AI) yaitu Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Lenguage Processing (NLP). Machine Learning dapat diaplikasikan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisa dan mengenal bermacam-macam bahasa pada Chatbot, sementara Natural Lenguage Processing (NLP) memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa manusia kemudian memberikan respon yang sesuai dengan Bahasa yang digunakan pengguna Chatbot.

Chatbot memudahkan operasional bisnis dan menghemat biaya customer service. Teknologi ini sangat memungkinkan untuk bisa menjawab berbagai jenis pertanyaan ataupun masalah yang dihadapi pelanggan secara cepat dan tepat.

Selain itu, Chatbot juga dapat melakukan tugas, seperti pemberitahu cuaca terkini (Weather Bot), membantu memilih dan memesan bahan makanan (Grocery Bot), membantu melakukan reservasi penerbangan, membantu memberikan solusi atas suatu (Life Advice Bot) dan bot sebagai teman untuk bercakap-cakap seperti SimSimi.

Nah Smart People, sudah paham kan apa itu Chatbot dan mengapa peranannya sangat penting bagi bisnis digital? Di luar dari penghematan biaya customer service, menggunakan bot juga bisa menjadi suporter terbaik dalam meningkatkan customer experience. Bagaimana Smart People? Apakah tertarik dengan layanan ini?

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »