Tanggal :10 December 2022

Yuk, Kenalan dengan Bakulan! Aplikasi dari Batam yang Menjadi Pemenang ISNA 2020

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam meluncurkan aplikasi “Bakulan”, aplikasi ini adalah layanan online berbasis android untuk penjualan produk pertanian Batam.

Selain untuk memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan, aplikasi Bakulan juga mendukung usaha pertanian lokal. Kelebihan dari aplikasi ini adalah membuat produk pertanian dan usaha mikro kecil menengah memiliki pasar penjualan. Selain itu, masyarakat dapat menikmati produk pangan dengan harga terjangkau karena langsung didapatkan dari produsen, yaitu petani atau peternak nya. 

Dilansir dari Media Center Batam, cara menggunakan aplikasi Bakulan adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Bakulan melalui Google Play Store. 
  2. Setelah aplikasi terinstall, masyarakat perlu mendaftar  terlebih dahulu dengan memasukkan data pribadi sesuai permintaan sistem, antara lain data berupa nama, alamat, nomor telepon, dan surel. 
  3. Kemudian masyarakat harus mengatur kata sandi atau password
  4. Jika sudah terdaftar, masyarakat bisa langsung mulai berbelanja. Pilihannya beragam, seperti kategori buah-buahan, bumbu, sayur-mayur, hingga sembako.

Aplikasi Bakulan diluncurkan pada saat pandemi 2020 lalu, sehingga inovasi Batam dinilai menjadi contoh semua daerah se-Indonesia untuk mengembangkan ide serta kreativitas saat pandemi. Hal ini juga membuat aplikasi Bakulan dari Batam memenangkan penghargaan Smart Economy dari Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) 2020 yang mengadakan gelaran Indonesia Smart City Investment Forum (ISCIF) yang bersamakan dengan Penganugerahan Daerah-Daerah Pemenang 4th Indonesia Smart Nation Award  secara daring dengan tema Smart City 2020 Innovation and Productivity during the Global Pandemic. 

Itulah salah satu pemenang ISNA dari kategori smart economy. Kabar gembiranya, setelah dua tahun pandemi, akhirnya ISNA akan segera diadakan lagi di tahun ini! Kalau Anda Penasaran dengan nominasi dan pemenangnya tahun ini, stay tune terus di akun Instagram @citiasia.inc dan @smartnation.id ya!

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »