Tanggal :1 July 2022

WiFi Portable, Solusi Work From Home di Kala Pandemi

Gambar 1. Design by: Sumanto

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah WiFi, apalagi jika Anda adalah orang yang banyak menghabiskan waktu dengan ponsel pintar. Ya, bagi kebanyakan orang, ponsel pintar dan WiFi sudah seperti kebutuhan sehari-hari yang sulit ditinggalkan.

Kehadiran internet dalam mempermudah komunikasi serta memberi hiburan memang tak bisa dipungkiri lagi. Oleh karena itu, hidup tanpa internet sehari rasanya akan seperti tinggal di gua. Untuk itu, untuk menyokong kebutuhan manusia dalam penggunaan internet, para ahli teknologi mengembangkan alat yang memungkinkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan sambungan internet. Saat ini, telah tercipta teknologi yang menyediakan sambungan internet yaitu modem WiFi. Dengan alat ini, kamu bisa selalu terhubung dengan internet asalkan terdapat provider operator seluler yang menunjang jalannya kegiatan berselancarmu. 

Seperti yang diwartakan Liputan6.com, WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang memiliki arti sebagai jaringan nirkabel yang dapat memancarkan sambungan internet. Sementara itu, modem merupakan sebuah perangkat keras singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengubah dua sinyal berbeda yaitu dari sinyal digital menjadi sinyal analog. Kemudian, kedua istilah tersebut jika digabung akan memiliki pengertian yaitu sebuah perangkat keras yang memancarkan sambungan internet tanpa menggunakan kabel. Karena fiturnya yang portable, modem WiFi dapat kamu bawa kemanapun tanpa memenuhi kantong ataupun ruangan.

Gambar 2. Sumber : merkbagus.id

Berkaitan dengan judul di atas, penyebaran virus Corona yang cepat membuat pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Banyak perusahaan sudah menerapkan kebijakan Work From Home (bekerja dari rumah) bagi para pegawainya. Melihat kondisi tersebut, banyak perusahaan teknologi yang menyediakan jasa sewa mobile WiFi dalam bentuk modem internet 4G unlimited

Salah satu contoh penyedia jasa sewa tersebut adalah JavaMifi. Dalam berita Kompas.com, Ariandro Nugroho, selaku General Manager JavaMifi menjelaskan “Modem wifi rumah tanpa kabel akan langsung dikirim ke rumah dan internet unlimited langsung aktif tanpa perlu survey lokasi dan proses instalasi yang sulit. JavaMifi juga memberikan gratis layanan pengiriman untuk seluruh kota di Indonesia,” jelas Arindro. 

Gambar 3. Sumber : www.rumah.com

Selain JavaMifi, program Telkomsel Orbit juga turut menjadi solusi bagi pegawai yang sedang Work from home. Berbeda dari JavaMifi, pelanggan harus membeli sebuah produk Telkomsel Orbit yang terintegrasi dengan kartu dari Telkomsel, sehingga mengharuskan pembayaran langganan setiap bulannya. Pengguna bisa menyesuaikan besaran kuota internet yang dibutuhkan setiap bulannya. Kalau kebutuhan tinggi, pelanggan bisa membeli paket data dengan kuota yang besar pula. Begitu sebaliknya. 

Dengan demikian, WiFi dengan konsep portable ini menjadi solusi bagi sebagian masyarakat yang mengharuskan mereka bekerja dari rumah. Ada yang memilih untuk menyewa ataupun membeli nya untuk kebutuhan di Masa yang akan datang. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »