Tanggal :5 February 2023

Wamenkes Ingin Mendorong Inovasi Teknologi di Bidang Kesehatan

Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia ingin para ahli medis dan peneliti kesehatan untuk mengembangkan riset dan melakukan inovasi teknologi dalam mewujudkan transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Dukungan ini sejalan dengan pilar-pilar penopang transformasi kesehatan nasional, yaitu pilar ketiga yang berisi transformasi ketahanan kesehatan dan pilar keenam berupa transformasi teknologi kesehatan. 

Dalam dukungan ini, terdapat kebijakan-kebijakan yang sudah diatur dari riset serta perkembangan produk, melakukan inovasi dan memproduksi alat kesehatan maupun obat di dalam negeri hingga jaminan pasar.

Inovasi teknologi yang banyak diharapkan kehadirannya adalah alat skrining atau alat pendeteksi dini yang mampu mendeteksi penyakit dan menghindari tingkat keparahan suatu penyakit. 

Kementerian Kesehatan sudah melakukan inisiasi dengan menghadirkan bioteknologi bernama Biomedical dan Genome Science Initiative (BGSI). Inisiatif tersebut mendorong integrasi data genom hasil sekuensing dari seluruh ekosistem kesehatan nasional mulai dari universitas hingga rumah sakit. 

“Hasil riset berupa alat deteksi dini yang akurat dan terjangkau serta diharapkan bisa digunakan di layanan primer seperti puskesmas. Mudah-mudahan kita bisa bersama membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih kuat.” kata Dante saat memberikan materi “Riset dan Inovasi untuk Mendukung Transformasi Sistem Kesehatan” pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Hotel Raffless Jakarta.

Hadirnya banyak inovasi kesehatan di Indonesia, diharapkan mampu memberikan ketahanan pada sistem kesehatan di dalam negeri. Dukungan ini juga bertujuan untuk meningkatkan riset maupun inovasi teknologi di bidang kesehatan agar selaras dengan dorongan penyerapan produk di dalam negeri. 

Selain itu, dukungan untuk terus melakukan inovasi teknologi di bidang kesehatan adalah bentuk upaya mewujudkan smart health, yaitu pelayanan kesehatan terpadu menggunakan teknologi digital untuk memudahkan hidup masyarakat di bidang kesehatan. 

Jika Anda butuh konsultasi mengenai penerapan smart city di kota Anda, silahkan kunjungi akun Instagram @citiasiainc untuk informasi lebih lanjut.

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »