Tanggal :26 September 2022

Upaya Kominfo buka Pelatihan UMKM Agar Aktif Berjualan Online

Gambar 1. Design by: Sumanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, 14 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih ke digital selama pandemi Covid-19. Disampaikan dalam pidato kenegaraan pada sidang tahunan di Gedung Parlemen, Kawasan Senayan, Jakarta (16/8). 

“Sampai Agustus tahun ini, lebih dari 14 juta atau 22% dari total UMKM yang sudah bergabung dengan aplikasi perdagangan elektronik,” kata Jokowi dalam sidang tahunan (16/8).

Pemerintah mendorong pelaku UMKM beralih ke digital untuk menjangkau konsumen di tengah pandemi Covid-19. Apalagi masyarakat mengandalkan layanan digital, termasuk e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pembatasan aktivitas di luar rumah.

Dalam sidang tahunan, Jokowi menyampaikan bahwa transaksi perdagangan elektronik atau e-commerce di Indonesia mencapai lebih dari Rp 253 triliun tahun 2020. Nilainya diperkirakan meningkat menjadi Rp 330,7 triliun tahun 2021.

Selain itu, pemerintah melalui Kominfo juga mendukung keterlibatan dalam industri e-commerce. Dilihat dari Kominfo membuka pelatihan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mereka lebih aktif berjualan di platform online.

“Kominfo menyediakan basecamp atau pusat pelatihan di daerah-daerah tersebut. Untuk tahap I telah berlangsung pada 3-4 Juli 2021 lalu. Tahap dua akan dimulai 1 sampai 2 Agustus. Sedangkan tahap 3, pelatihan akan berlangsung di bulan Agustus hingga November 2021. Kemudian, di tahap akhir, pelaksanaan kegiatan mulai dari November sampai Desember tahun ini,” ujar Pelaksana tugas Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, I Nyoman Adhiarna dalam keterangan pers, Rabu (21/7).

Daerah pelatihan yang dimaksud adalah 10 Destinasi Kawasan Pariwisata Prioritas (DKPP), yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur). 

Adhiarna mengatakan Kementerian menargetkan program pendampingan dan fasilitasi ini akan mempercepat 26.000 pelaku UMKM berjualan secara aktif, active selling, di platform digital.

Pemerintah berharap melalui program ini, transaksi penjualan online UMKM bisa meningkat. Kominfo menyiapkan lima modul pelatihan untuk program UMKM active selling yaitu media sosial, e-commerce platform, teknologi finansial, point of sales (PoS) dan Industri 4.0.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »