Tanggal :10 December 2022

UI/UX Designer, Profesi TI Indonesia dengan Work-Life Balance Paling Seimbang

Contoh desain UI yang dikemas dengan apik bersama dengan UX | Sumber: Fiverr

Perkembangan yang pesat dari teknologi tentunya didukung pula oleh profesi yang berkaitan di setiap bidangnya. Profesi yang akan kita bahas kali ini adalah UI/UX Designer. User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan dua pekerjaan dalam bidang IT dan keduanya sulit untuk dipisahkan. 

Apa yang dimaksud dengan UI/UX Designer? Dilansir dari id.cloudhost.com, User Interface (UI) Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software. Seorang UI Designer akan membuat desain yang memudahkan pengguna programnya. Adapun mekanisme seorang UI Designer mencakup beberapa hal, seperti tampilan fisik, warna, animasi, pola. Sedangkan User Experience Designer adalah profesi yang meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan dalam interaksi pengguna dan produk tersebut.

Design thinking merupakan yang wajib dilakukan seseorang UI/UX designer | Sumber: UX Indonesia, Unsplash

Jobplanet.com, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan riset untuk mengetahui tingkat work-life balance para pekerja Teknologi Informasi (TI) di Indonesia. Profesi UI/UX Designer menempati posisi teratas dalam hasil riset tersebut. Pekerjaan yang sehari-hari berkutat dengan perancangan antarmuka dan riset pengalaman penggunaan sebuah produk tersebut menjadi profesi paling seimbang hidup dan pekerjaannya. 

Rata-rata tingkat kepuasan karyawan TI di Indonesia terhadap work-life balance mereka adalah sebesar 3,22 dari angka tertinggi 5,0. Angka ini tidak tergolong tinggi akibat dinamika perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut para pekerja TI untuk selalu siap menghadapi perubahan dan siaga setiap saat. Namun tentu saja, pekerjaan yang berkaitan dengan STEM (science, technology, engineering and mathematics) akan sangat dibutuhkan di masa depan. Apakah Smart People tertarik menjadi UI/UX Designer

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

https://idcloudhost.com/mengenal-perbedaan-profesi-ui-designer-dan-ux-designer/

https://tekno.kompas.com/read/2016/08/26/13103707/riset.pekerja.ti.di.indonesia.ui.ux.developer.paling.seimbang.?page=all

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »