Tanggal :5 February 2023

Uang Digital RI Akan Rilis Tahun Depan

Bank Indonesia (BI) dikabarkan sudah memiliki timeline untuk menerbitkan Central Bank Digital Currency (CDBC) alias rupiah digital. Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Fitria Irmi menjelaskan bahwa digital rupiah akan menjadi pembayaran yang sah di Indonesia. Selain itu, rupiah digital akan mendukung pelaksanaan tugas BI di bidang moneter, makroprudensial, dan juga sistem pembayaran di era digital. 

Rupiah digital ini juga mendukung pengembangan sistem keuangan dan integrasi ekonomi keuangan digital secara nasional. Apalagi, kajian-kajian tentang rupiah digital secara komprehensif sudah tertulis di dalam sebuah white paper yang akan diterbitkan tahun depan. 

Menjawab pertanyaan apakah uang digital akan terbit pada 2023, pihak BI belum bisa memberikan informasi lengkapnya. Namun, semua rencana dan proses sudah ditulis di timeline yang sudah dibuat. 

Hadirnya uang digital di Indonesia tidak akan berpengaruh terlalu banyak terhadap sektor keuangan dan proses pemulihan ekonomi saat ini. Tapi, kebijakan sistem pembayaran selalu diikuti oleh inovasi dan risiko ke depan, BI sudah memitigasi risiko tersebut. 

“Standarnya, fitur-fiturnya sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang ada dan pasarnya juga tentunya sudah akan dipersiapkan. Jadi, penerbitannya sendiri mempertimbangkan dampak ekonomi, dampak moneter, dan sebagainya,” jelas Fitria, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI.

Terkait keberadaan uang rupiah digital ke depannya, pihak BI mengatakan penggunaan uang baik uang kertas maupun koin yang saat ini masih digunakan dalam proses transaksi tidak akan dimusnahkan. Artinya, penerbitan uang digital akan dihitung dengan kondisi kebutuhan uang beredar saat itu. Operasi moneter akan menghitung likuiditas, ketika digital rupiah hadir, uang kartal akan berdampingan. 

Uang Digital adalah Salah Satu Bentuk Smart Economy

Seperti yang kita tahu, pembangunan ekonomi adalah salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Smart economy adalah pengembangan perekonomian yang menantang dan adaptif untuk menciptakan ekosistem yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat yang sejalan dengan perekonomian daerah unggulan. Apalagi, inovasi uang digital ini membantu kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi, tujuan ini selaras dengan salah satu dimensi smart economy yaitu kesejahteraan rakyat. 

Jika Anda ingin melakukan inovasi smart economy untuk daerah Anda, mari kunjungi akun Instagram @citiasiainc untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »