Tanggal :27 January 2022

Tren Punch Hole di Layar Smartphone Diprediksi Masih Berlanjut di Tahun 2022

Gambar 1. Design by: Sumanto

Leaker Populer Digital Chat Station meyakini bahwa tren layar punch hole masih akan berlangsung, kendati saat ini sejumlah produsen tengah mengembangkan kamera under display (bawah layar). Sesuai namanya, kamera depan di layar punch hole bentuknya menyerupai lubang. Solusi ini yang paling praktis, dan paling masuk akal digunakan saat ini. Ukuran lubang kamera pun terus diperkecil, agar pengguna tidak menyadari ada lubang di layarnya. 

Berdasarkan berita seluler.id, Leaker juga membocorkan bahwa ekspektasi itu masih belum berlaku pada tahun depan. Menurutnya, seperti dilaporkan Gizmochina, beberapa produsen memang akan mengenalkan fitur kamera under display, namun sebagian besar seri flagship masih mengusung desain punch hole. Meski teknologi kamera di bawah layar akan debut pada kuartal ketiga tahun 2021 ini, penerapannya belum akan masif. 

“Meskipun akan ada beberapa perangkat dengan kamera bawah layar mulai kuartal ketiga tahun ini, tetapi sebagian besar Smartphone flagship masih akan memakai layar punch hole di tahun depan,” tulis Digital Chat Station pada postingan miliknya di Weibo.  

Gambar 2. Sumber : www.rinditech.com

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan perangkat dikabarkan tengah mengembangkan teknologi kamera selfie di bawah layar. Vendor smartphone seperti Xiaomi tengah mengembangkan perangkat dengan kamera di bawah layar. Tak hanya itu, Samsung dispekulasikan meluncurkan perangkat dengan kamera selfie beresolusi tinggi di bawah layar sekitar Agustus 2021. Bocoran terpisah dari Ice Universe mengklaim bahwa setidaknya lima merek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE siap mengenalkan perangkat dengan kamera bawah layar. Kendati begitu, informasi ini masih sebatas informasi yang dibagikan oleh tipster. Sementara realisasinya seperti apa masih harus menunggu perilisan berbagai perangkat.

Gambar 3. Sumber : www.educatecity.com

Sebelumnya, tipe layar dengan kamera depan punch hole seperti ini dipopulerkan oleh Galaxy S10. Sekarang, hampir semua ponsel mengadopsinya yang berbeda hanya letaknya saja, ada yang di tengah atas, atau kiri atas layar.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.