Tanggal :10 December 2022

Tips Untuk Meningkatkan Efektivitas dalam Bekerja

Karyawan yang sedang bekerja | Sumber: Ant Rozetsky, Unsplash

Halo Smart People! Tahukah Kamu kalau sumber daya manusia merupakan aset utama yang dapat mempengaruhi eksistensi suatu perusahaan? Maka dari itu SDM harus dikelola dengan baik agar dapat bekerja mencapai tujuan perusahaan. Semua SDM memiliki potensi yang dapat dikembangkan dalam kreativitas dan inovasinya agar dapat bekerja secara maksimal.

Dilansir dari talenta.co, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas dalam bekerja seperti yang di bawah ini. 

1. Tetapkan SOP yang jelas

Menetapkan SOP atau Standard Operational Procedure merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai karena SOP dapat dijadikan acuan untuk karyawan melakukan pekerjaan, apa saja yang harus dicapai, dan ketentuan timeline kerja. Namun, perusahaan tetap harus menetapkan tujuan dan target yang jelas, realistis, dan dapat dicapai.

2. Lingkungan kerja yang baik

Untuk meningkatkan efektivitas kerja dan produktivitas karyawan, memberikan lingkungan kerja yang baik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Lingkungan kerja berupa fasilitas kerja, suasana kerja, kenyamanan ruangan dan lainnya merupakan faktor penting agar para karyawan dapat merasa nyaman selama bekerja sehingga berpengaruh baik terhadap performa mereka.

3. Memberikan pelatihan

Memberikan pelatihan dan training dapat membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karyawan dalam bekerja. Pelatihan SDM yang andal merupakan kunci tingginya produktivitas perusahaan. Setiap perusahaan besar biasanya selalu menjadwalkan pelatihan SDM sebagai agenda rutin. Mereka sadar bahwa pelatihan SDM sangat penting karena para karyawanlah yang berjuang agar perusahaan bisa terus berjalan bahkan saat berada di masa-masa sulit.

4. Memuji Hasil Kerja Karyawan

Setiap karyawan pasti senang bila hasil kerjanya dihargai dan mendapatkan apresiasi. Pujian yang sederhana dan tulus akan memompa semangat kerja mereka dan akan memotivasi mereka untuk bekerja dengan lebih baik lagi ke depannya.

Kamu sendiri juga dapat melakukan beberapa hal seperti menyusun prioritas pekerjaan dan fokus serta disiplin tanpa harus menunggu fasilitas yang akan diberikan oleh perusahaan. Apakah Smart People punya cara lain untuk meningkatkan performa dalam bekerja? 

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »