Tanggal :19 January 2022

Tingkatkan Promosi Daerah, Pemkab Jeneponto Launching Brandbook

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto resmi meluncurkan logo dan maskot branding daerah pada acara Launching Brandbook Jeneponto, bertempat di Aula Panrannuanta, Kantor Bupati Jeneponto, Kamis (1/8).

Pembuatan logo ini merupakan kolaborasi lanjutan antara Dinas PMPTSP Jeneponto dengan Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) dan Perkumpulan Pilar Nusantara (Pinus).

Kepala Dinas PMPTSP, Mernawati menyampaikan, pembuatan Brandbook yang berisi logo dan maskot serta panduan pemakaiannya ini menjadi milestone penting dari strategi Jeneponto Smart Branding yang sudah dijalankan sejak 2017.

“Jeneponto Smart Branding merupakan strategi promosi dengan pengembangan ekosistem bisnis, perdagangan, pariwisata yang terintegrasi, dan penataan wajah kota yang unik,” kata Sekda Jeneponto, Syafruddin.

Kata dia, tujuannya tersebut untuk meningkatkan daya saing dan value daerah, serta mendatangkan pengunjung dan investasi.

Logo branding Kabupaten Jeneponto berkarakter modern dan dinamis namun tetap unik, dengan simbol panah untuk melambangkan kemajuan, tiga segitiga melambangkan keberagaman juga sebagai baling – baling yang merupakan ciri khas daerah.

“Suku kata-TO yang terpisah selain menunjukkan tujuan, juga berarti ‘orang’ dalam bahasa lokal. Untuk Maskot, dipilih kuda yang menjadi ikon khas Jeneponto, dengan nama JOKA, yang identik dengan masyarakat Jeneponto,” sebutnya.

Menurutnya, Proses pembuatan logo dan maskot dimulai sejak bulan Maret lalu secara partisipatif. DPMPTSP, Pinus, dan CCSN melakukan studi literatur, wawancara informan kunci, survey online, dan seri pertemuan tematik dengan berbagai kalangan. Tokoh masyarakat, komunitas, perwakilan para OPD di Kecamatan dan pihak swasta.

“Jadi, Brandbook memandu bagaimana logo dipakai untuk stationeries (kertas surat, kartu nama, map), berbagai merchandise (kaos, topi, mug, gantungan kunci), serta berbagai jenis banner dan billboard,” tambahnya.

Sambung dia, yang menarik, logo dan maskot juga bisa diaplikasikan dan dimodifikasi ke berbagai event dan tema, seperti lingkungan hidup, hari kemerdekaan, kegiatan komunitas, ataubahkan spesifik daerah tertentu di Jeneponto.

Hari Kusdaryanto dari Citiasia berpesan, Logo yang menarik serta maskot yang unik tidaklah cukup. Jangan lupa untuk terus mengembangkan keunggulan dan mengisi konten yang menarik. Ini agar para warga, wisatawan, dan investor juga puas dengan pelayanan, nyaman untuk tinggal, berkunjung, dan menjelajahi Jeneponto.

“Bupati Iksan Iskandar mengintruksikan agar logo-maskot segera diadopsi dan dipromosikan, tidak hanya dalam lingkup internal Pemda tetapi juga ke seluruh kalangan,” kata Syafruddin

Dengan demikian Jeneponto akan semakin dikenal khalayak dengan identitasnya yang khas, tetapi juga mampu berkontribusi untuk perwujudan visi Jeneponto Smart 2023.

Pemerintah Daerah (Pemda) bekerjasama dengan Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) melakukan Launching Brandbook tahun 2019.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Jeneponto, Mirnawati Sejak Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Jeneponto, bekerjasama dengan Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) telah menginisiasi Program Jeneponto Smart Branding (JSB).

“Strategi mengembangkan ekosistem bisnis, investasi, ekonomi kreatif, pariwisata yang terintegrasi dengan penataan wajah kota,” kata Mirnawati

Kata dia, Tujuan JSB adalah untuk meningkatkan value dan mempromosikan keunggulan daerah sehingga mendatangkan pengunjung, wisatawan, serta investasi. Untuk melengkapi Strategi JSB, telah disusun pula sebuah Brandbook Kabupaten Jeneponto 2019, yaitu panduan komprehensif untuk adopsi branding daerah.

“Yang terdiri dari logo, slogan dan maskot Kabupaten Jeneponto,” sebutnya

Sementara Hari Kusdayanto dari Citiasiam Inc. Jakarta, menjelaskan tentang arti dan maskot. Melibatkan dari berbagai tokoh masyarakat, bahkan survey on line untuk memperkaya studi. (*)

 

Sumber: https://www.rakyatsulsel.co/2019/08/01/tingkatkan-promosi-daerah-pemkab-jeneponto-launching-brandbook/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *