Tanggal :19 January 2022

TikTok: Penguasa Platform Media Sosial pada 2022

Design by: Arsy Eric

Perusahaan Consumer Intelligence, Talkwalker yang bekerja sama dengan HubSpot merilis laporan Tren Media Sosial terbaru secara global untuk tahun mendatang. TikTok akan menguasai platform media sosial tahun 2022 berdasarkan laporannya tersebut. Salah satu faktor pendorongnya adalah konten yang sangat dipersonalisasi sesuai penggunanya.

Laporan ini juga menunjukkan sejumlah perolehan menarik yang perlu diperhatikan oleh merek (brand) pada tahun depan, karena tren media sosial akan ditopang oleh konsumen. Pandemi COVID-19 telah mempercepat era konsumen, agar mampu bertahan merek perlu mengantisipasi dan merespon permintaan konsumen, karena saat ini konsumen yang memegang kendali.

Sistem rekomendasi TikTok kini disebut bisa membantu brand untuk mendapatkan peluang dengan menghubungkan brand kepada audiens TikTok yang sesuai. Terlebih, TikTok telah melebarkan sayap ke bisnis e-commerce dengan meluncurkan fitur TikTok Shop beberapa waktu lalu.

Cassandra Tan selaku Head of Insights & Analytics Universal Music Group, Southeast Asia & Korea menyampaikan bahwa TikTok menyebabkan terjadinya perubahan dari menikmati menjadi kreasi. Sebagai platform yang mengedepankan keberagaman, TikTok mendorong penggunanya untuk menampilkan citra mereka sendiri tanpa berpikir terlalu banyak tentang memenuhi standar tertentu. Menurutnya, siapa pun bisa menjadi kreator atau trendsetter.

Pertumbuhan TikTok sangat pesat sejak tahun 2017, menurut laporan Talkwalker dan HubSpot. Momentum lain datang pada tahun 2020, ketika orang memiliki banyak waktu dengan gadget mereka, akibat sebagian besar negara memberlakukan karantina wilayah karena pandemi Covid-19.

Hingga pertengahan tahun ini, percakapan di TikTok disebut tumbuh 61 persen dari tahun ke tahun. Bahkan, TikTok mulai merambah ke dominasi Facebook dan lainnya, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang mencapai 3 miliar unduhan secara global. Beberapa waktu lalu, TikTok juga mengumumkan jumlah penggunanya tembus angka 1 miliar pengguna aktif bulanan.

TikTok merupakan salah satu platform yang memiliki peran penting sebagai jembatan bagi masyarakat global untuk saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. TikTok membawa kemudahan bagi masyarakat global untuk memperoleh informasi dengan cepat dengan video pendek yang dapat mencapai seluruh dunia.

Penggunaan media sosial tidak bisa lagi dapat terbendung dan dihindari pada era teknologi seperti saat ini. Sebagai masyarakat yang mengikuti zaman, media sosial harus kita terima. Oleh karenanya, sebagai pengguna harus bijak dalam bermedia sosial agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Nah, menurut Smart People apakah tren TikTok akan merubah budaya masyarakat?

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *