Tanggal :1 July 2022

The Future Smartphone System

Dewasa ini, dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. atau revolusi industri dunia ke-empat di mana teknologi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia (Maria dkk, 2017). Segala hal menjadi tanpa batas dan tidak terbatas akibat perkembangan internet dan teknologi digital. Pada hakikatnya teknologi diciptakan agar dapat mempermudah manusia dalam beraktivitas serta memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Perkembangan zaman yang semakin modern menciptakan berbagai macam teknologi yang semakin canggih sehingga membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dari penggunaannya khususnya teknologi komunikasi yang saat ini mampu memberikan transformasi bagi kehidupan manusia. 

Peran teknologi komunikasi saat ini menjadi sangat penting karena banyaknya tuntutan kebutuhan akan pertukaran informasi yang cepat dan tepat. Teknologi komunikasi yang berkembang saat ini telah memungkinkan manusia untuk terhubung satu sama lain tanpa dibatasi jarak, ruang, dan waktu. Penyatuan berbagai fungsi dari alat-alat komunikasi telah menyatu dalam sebuah alat komunikasi yang bernama smartphone. Smartphone merupakan telepon seluler dengan kemampuan lebih, yaitu mulai dari resolusi, fitur, hingga komputasi termasuk adanya sistem operasi mobile di dalamnya (Maria dkk, 2017).

Perkembangan tersebut membuat para peneliti di Nature Communications menyatakan bahwa teknologi hologram dapat menjadi masa depan untuk ponsel cerdas melalui layar ramping baru. Penulis penelitian Jungkwuen An dan timnya mencatat bahwa gambar terus muncul dalam 3D dari rentang sudut yang 30 kali lebih lebar dari layar biasa. Dilansir dari IFL Science, Kamis (12/11/2020), layar ramping tersebut akan memiliki ukuran kurang dari 1 sentimeter dan dipadukan dengan prosesor kustom chip tunggal (dilansir berita https://www.suara.com/tekno/).

Sumber : maknawi.net

Karena selain hologram 3D, ada juga teknologi canggih untuk smartphone di masa yang akan datang, yakni Augmented Reality (AR), In-Built Protector, dan Layar Lipat. Pada artikel kali ini kita akan membahas ketiga teknologi tersebut. Augmented Reality akan berfungsi menyediakan lebih banyak informasi bagi pengguna dengan menggabungkan data komputer ke kehidupan nyata. Contohnya, saat menggunakan kamera, pengguna dapat mengarahkannya ke suatu tempat real time untuk mendapatkan informasi yang mencakup tempat tersebut. Sebagian besar aplikasi AR yang tersedia sekarang menggunakan beberapa bentuk Global Positioning System (GPS). Gunanya untuk memfasilitasi pencarian lokasi dan fitur ini kemungkinan akan berkembang lebih lanjut selama beberapa tahun mendatang. Selanjutnya adalah teknologi In-Built Protector, teknologi ini disematkan pada ponsel cerdas yang berguna untuk menampilkan proyektor yang dapat langsung keluar dari  smartphone dan memungkinkan pengguna menonton video dengan ukuran setara layar 12 inci dan berkualitas High Definition Video (HD). Teknologi terakhir adalah layar lipat. Pada saat ini para produsen dan pengembang ponsel cerdas sedang berlomba-lomba untuk membuat teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED), layar setipis kertas ini dapat diproyeksikan dari kedua sisi layar. (https://nextren.grid.id/).

Sumber : arenalte.com

Perkembangan fasilitas yang terdapat dalam smartphone tidak hanya terbatas pada fungsi telepon dan sms saja. Smartphone dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dimana melalui smartphone seseorang dapat mempelajari hal-hal baru melalui isi atau pesan yang disalurkan. Selain itu smartphone juga digunakan bagi segelintir masyarakat khususnya anak-anak muda sebagai salah satu ikon gaya hidup yang menurut Kotler (2000) adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Jadi, smartphone juga bisa menjadi media hiburan sekaligus menyalurkan hobi seseorang seperti; bermain game, mendengarkan musik, bahkan kita dapat bermain alat musik dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung. Selain itu, smartphone dapat menjadi sarana untuk menjalankan bisnis (bisnis yang berbasis on-line) dan dapat menjadi alat untuk menyimpan berbagai macam data baik dalam bentuk huruf, angka, dan gambar (Maria dkk, 2017).

Penulis : Muhammad Sadam | Ilustrasi : Sumanto

Referensi:

Amaliah Rezky. 2018. 4 Teknologi Canggih Smartphone Masa Depan Ini Bakal Terwujud. Dalam berita https://nextren.grid.id/read/01998155/4-teknologi-canggih-smartphone-masa-depan-ini-bakal-terwujud?page=all diakses pada tanggal 28 September 2021.

Maria Daeng dkk., 2017. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fisipol Unsrat Manado”, Jurnal Acta Diurna. Vol 6. No 1. 

Novianty Dythia. 2020. Wow! Hologram Akan Jadi Masa Depan Smartphone. Dalam berita https://www.suara.com/tekno/2020/11/12/113000/wow-hologram-akan-jadi-masa-depan-smartphone diakses pada tanggal 28 September 2021.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »