Tanggal :24 May 2022

The Edge Amsterdam adalah Intelligent Building Paling Pandai di Dunia

Beberapa dekade terakhir telah banyak manifestasi luas dari pengembangan desain smart architecture di dunia. Sementara itu, konsep smart building telah mendorong berbagai arsitek dan desainer untuk memanfaatkannya demi pembangunan berkelanjutan. Menurut E-magazine, kecerdasan digambarkan sebagai “adaptasi dengan lingkungan”, sedangkan intelligent building didefinisikan sebagai “sustainable dalam hal energi, dan konsumsi  air , secara perlahan menanggulangi pencemaran emisi dan limbah, sehat dalam hal kesejahteraan bagi orang-orang yang tinggal dan bekerja di dalamnya, dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan pengguna”.

Sumber : https://news.cbre.nl/edge-amsterdam-west-sold-to-haam/

The Edge adalah bangunan terhijau di dunia, menurut lembaga pemeringkat Inggris BREEAM, yang memberikannya skor sustainability tertinggi yang pernah diberikan, yaitu 98,4 persen. Orang Belanda memiliki ungkapan untuk semua ini: Het Nieuwe Werken, atau secara kasar, cara kerja yang baru. Hal ini tentang menggunakan teknologi informasi untuk membentuk cara kita bekerja dan ruang di mana kita melakukannya. Semua tidak hanya tentang efisiensi sumber daya dalam pengertian tradisional panel surya menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang digunakan bangunan, tetapi ini juga tentang pemanfaatan sebaik mungkin  oleh manusia.

“The edge tahu di mana Anda tinggal, Ia tahu mobil apa yang Anda kendarai. Ia tahu dengan siapa Anda bertemu hari ini dan berapa banyak gula yang Anda konsumsi dalam kopi Anda. Ini adalah Edge, dan sangat mungkin ruang kantor paling cerdas yang pernah dibangun.” Dilansir oleh kinetic architecture.


The Edge pertama kali di Amsterdam dimulai dengan aplikasi smartphone yang dikembangkan dengan penyewa utama gedung, firma konsultan Deloitte. Mulai dari saat pengguna bangun, maka The Edge akan terhubung. Aplikasi memeriksa jadwal pengguna, gedung mengenali mobil pengguna saat tiba dan mengarahkan langsung ke tempat parkir.

Sumber : www.e-architect.com

Kemudian aplikasi menemukan meja kosong untuk bekerja. Karena di The Edge, pengguna tidak memiliki meja pasti. Ruang kerja didasarkan pada jadwal yang pengguna reserve seperti meja duduk, meja berdiri, bilik kerja, ruang rapat, kursi balkon, atau “ruang konsentrasi” tanpa gangguan apapun. Kemana pun pengguna pergi, aplikasi mengetahui preferensi untuk cahaya dan suhu, dan aplikasi tersebut menyesuaikan dengan lingkungan.

Sekitar 2.500 pekerja Deloitte berbagi 1.000 meja. Konsep ini disebut hot desking yang seharusnya mendorong hubungan baru, interaksi, dan yang sama pentingnya, penggunaan ruang yang efisien. Meja hanya digunakan saat dibutuhkan. Beberapa kamar kecil di Edge hanya berisi kursi santai dan lampu (tanpa meja) yang sempurna untuk panggilan telepon. Ada juga ruang permainan dan bar kopi dengan mesin espresso. Layar datar besar di setiap sudut dapat disinkronkan secara nirkabel dengan ponsel atau laptop apa pun.

Karena pekerja di Edge tidak memiliki meja yang ditentukan, loker berfungsi sebagai pangkalan. Temukan loker dengan lampu hijau, nyalakan lencana, maka kemudian  menjadi milik pengguna lencana. Karyawan tidak disarankan untuk menyimpan satu loker selama berhari-hari atau berminggu-minggu karena bagian dari filosofi het nieuwe werken adalah memisahkan orang dari lokasi tetap dan cara berpikir yang kaku.

Perusahaan seperti Siemens, Crestron, dan PointGrab telah menawarkan solusi bangunan pintar berbasis AI untuk mengurangi biaya energi, meningkatkan produktivitas tempat kerja, dan memungkinkan pemeliharaan preventif. Dengan semakin banyak pemilik gedung yang ingin mengotomatisasi dan mengoptimalkan keputusan operasional dan keuangan kritis mereka, solusi semacam itu pasti akan berkembang biak dan menjadi lebih canggih di masa mendatang.

Ditulis Oleh Diva Maharani

Referensi: 

  1. A.H. Buckman M. Mayfield Stephen B.M. Beck, What is a Smart Building? Smart and Sustainable Built Environment, Vol.3, No. Iss 2, 2014, pp. 92-109.
  2. http://blog.kineticarchitecture.net/2011/01/arabworld-institute/ 
  3. http://www.plparchitecture.com/the-edge.html
  4. https://emag.archiexpo.com/the-edge-the-smartest-building-in-the-world/ 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »