Tanggal :9 December 2022

Teleworking: Bagaimana Trennya pada 2022?

Design by: Arsy Eric

Teleworking adalah salah satu pilihan metode baru yang melibatkan teknologi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dari jarak jauh, sistem kerja di mana pekerja melakukan suatu aktivitas tanpa perlu muncul secara fisik di tempat kerja.

Kategori teleworkingwork from home terdiri atas tiga jenis yaitu home-based working, mobile working dan satellite office. Bila dilihat dari jenis pekerjaannya, dapat disimpulkan bahwa secara umum teleworking lebih cocok untuk digunakan pada jenis pekerjaan yang memang membutuhkan tingkat mobilitas tinggi dan tidak diharuskan menetap di kantor. 

Adanya perkembangan teknologi saat ini, sistem kerja teleworking dapat diaplikasikan bagi pekerjaan mobile maupun back office. Teknologi yang digunakan pun harus lengkap seperti IT infrastruktur, laptop, VPN dan jaringan internetnya. 

Keuntungan utama teleworking adalah pekerja memiliki otonomi kerja karena mereka dapat memilih waktu dan tenaga yang tersedia untuk bekerja setiap hari, menghemat waktu dan uang dengan tidak harus melakukan perjalanan dari rumah ke tempat kerja, pendapat pekerja tentang perusahaan meningkat, karena perusahaan menawarkan ketersediaan waktu yang lebih banyak, produktivitas tenaga kerja meningkat dari perbaikan mood karyawan, perusahaan mengurangi biaya layanan seperti listrik, peralatan komputer, pemanas dan biaya lainnya. Hal ini memungkinkan orang dengan beberapa jenis disabilitas fisik untuk menikmati pekerjaan dengan lebih baik.

Selain dari banyaknya keuntungan teleworking, penerapan metode ini pun tetap membutuhkan pengawasan dari sisi manajerial agar tidak ada pekerja yang melakukan kecurangan saat hal ini diterapkan. Sehingga tujuan dari penerapan teleworking – work from home pun dapat tercapai.

Teleworking telah menjadi bentuk pekerjaan yang sangat relevan di perusahaan, karena memungkinkan pekerja untuk menyeimbangkan tugas pribadi dan profesional mereka dengan memanfaatkan teknologi inovatif.

Teleworking akan terus tumbuh pada tahun 2022 seiring dengan kemajuan dalam pengembangan perangkat lunak. Perusahaan di seluruh dunia perlu mendukung bentuk hibrida dari manajemen tim dan kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja mereka. Seiring dengan tren melakukan online meeting dan video sales call yang terus berlanjut, telemarketing new normal ini akan semakin berkembang di tahun selanjutnya.

Teleworking dapat menjadi alternatif dalam menyikapi berbagai kendala dalam bekerja, yakni agar tidak terpaku pada working nine to five di kantor yang sering menjebak dalam rutinitas, dengan model telekomuting ini diharapkan mampu menghemat dalam penggunaan sumber daya waktu, tenaga dan finansial.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »