Tanggal :24 May 2022

Teknologi Video Assistant Referees (VAR) dalam Tren Olahraga di Masa Sekarang dan Masa Depan

Gambar 1. Design By: Sumanto

Berbagai macam cabang olahraga telah menjadi kesukaan di kalangan masyarakat  baik olahraga yang bersifat individu maupun kelompok. Perlu kita ketahui di era globalisasi saat ini hal yang tidak bisa terelakkan adalah kemajuan teknologi, karena teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Berkembangnya suatu teknologi akan mengakibatkan kemajuan di aspek-aspek tertentu seperti pada ilmu pengetahuan, ekonomi dan tak terkecuali di bidang olahraga. Tentunya dengan berkembangnya teknologi ini akan memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. 

Kita dapat melihat kemajuan teknologi pada bidang olahraga  dengan banyaknya teknologi baru yang bermunculan, salah satu contohnya adalah dryfeet yang ada dalam sepatu olahraga. Dryfeet menggunakan teknologi drywear yang dapat digunakan untuk mencegah menurunnya performa pemain kala bermain di lapangan yang basah. Ada pula teknologi lainnya seperti m-station,  suatu alat olahraga berbentuk jaring-jaring yang dipasang pada sebuah rangka papan, dirancang untuk memudahkan latihan pada seorang atlet sepakbola untuk melatih kontrol pada bola dan kiper untuk melatih reflek dari pantulan bola yang dihasilkan. Dari kedua contoh teknologi tersebut berarti kemajuan teknologi di bidang olahraga khususnya sepakbola sudah bisa dirasakan oleh para atlet sepakbola. (Salam, dkk, 2021).

Tetapi dari perkembangan teknologi pada alat olahraga diatas, ada satu teknologi yang menjadi perbincangan khalayak masyarakat di dunia sepak bola, yaitu teknologi Video Assistant Referee (VAR). Teknologi ini diperuntukan dalam membantu kinerja wasit di lapangan yang sistem kerjanya adalah untuk mengetahui benar atau salahnya sebuah pelanggaran. Teknologi VAR pertama kali digunakan ketika pertandingan piala dunia di Rusia 2018 (Salam, dkk, 2021). Video Assistant Referee adalah prosedur bantuan teknologi untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah insiden dalam permainan sepak bola, sebagai bahan pertimbangan untuk wasit utama. Fungsi VAR dalam sepak bola adalah untuk menegakkan peraturan pertandingan sepak bola (Laws of the Game) semaksimal mungkin, seperti dikutip dari panduan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) (https://www.kompas.com/sports/). 

Gambar 2. Sumber : www.militeria.net

Teknologi VAR dapat membantu wasit untuk mengambil keputusan dalam situasi seperti, (https://www.kompas.com/sports/): 

  1. Proses terjadinya sebuah gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, dan atau handball.
  2. Kemungkinan penalti seperti titik. terjadinya pelanggaran, dugaan adanya pelanggaran, atau penyerang lawan yang mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).
  3. Pelanggaran dengan potensi hukuman kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan. 
  4. Kesalahan identifikasi dari wasit, untuk memastikan hukuman kartu kuning ataupun merah diterima pemain yang tepat.

Ketika terjadi satu dari empat peristiwa diatas, wasit akan memberitahu tim asisten wasit VAR. Tim VAR juga bisa merekomendasikan wasit bahwa ada insiden yang harus ditinjau ulang. Tim asisten wasit VAR akan memberitahu wasit melalui headset mengenai apa yang tampak dari rekaman video. Wasit bisa menerima begitu saja penjelasan dari tim VAR atau memutuskan untuk melihat sendiri video-video tersebut di pinggir lapangan sebelum mengambil keputusan (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/). 

Gambar 3. Sumber : sumsel.tribunnews.com

Itulah gambaran teknologi VAR pada olahraga sepakbola. Pada saat ini, teknologi-teknologi canggih juga sudah diimplementasikan pada olahraga lainnya, seperti Bulutangkis (memakai teknologi yang bernama mata elang). Kedepannya teknologi semacam ini akan terus diwujudkan pada olahraga lainnya guna meminimalisir kecurangan yang ada. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi:

  1. Santhika Eka. 2018. Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018.  Dalam berita https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180626074725-185-309044/mengenal-teknologi-var-di-piala-dunia-2018 diakses pada tanggal 14 Oktober 2021. 
  2. Salam, Faiz Abdu, dkk., 2021. “Aksiologi Penggunaan VAR dalam Industri Olahraga”, Jurnal Penjakora. Vol 8. No. 2. 
  3. https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/03/14200028/apa-itu-var-dalam-sepak-bola?page=all diakses pada tanggal 14 Oktober 2021.  
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »