Tanggal :5 February 2023

Teknologi VAR dalam Pertandingan Sepak Bola Piala Dunia 2022

Teknologi telah berkembang dengan sangat pesat, bahkan sudah merambah di bidang olahraga yaitu sepak bola.

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan oleh negara Qatar telah menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam menentukan posisi offside.

Video Assistant Referee (VAR) adalah prosedur bantuan teknologi untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah insiden dalam permainan sepak bola, sebagai bahan pertimbangan untuk wasit utama. Fungsi VAR dalam sepak bola adalah untuk menegakan maupun menegakkan peraturan pertandingan sepak bola (Laws of the Game) semaksimal mungkin, seperti dikutip dari panduan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Bagaimana cara kerja sistem VAR?

Video Assistant Referee (VAR) telah membantu wasit dalam beberapa situasi penting, hal inilah yang akhirnya membuat sistem VAR digunakan oleh FIFA dalam menentukan poin dalam permainan sepak bola. Adapun cara kerja dari sistem ini, sebagai berikut:

  1. Dapat memeriksa siaran televisi atau rekaman pertandingan secara langsung untuk melihat insiden dalam sebuah pertandingan sepak bola;
  2. Teknologi VAR dapat meninjau tayangan siaran pertandingan secara normal atau memakai tayangan ulang dengan kecepatan diperlambat (slow motion) dari berbagai sudut; 
  3. Teknologi VAR memiliki akses ke 33 kamera televisi, diantaranya terdapat 8 kamera yang menerapkan super slow motion dan empat ultra slow-motion. Selain itu, tim VAR juga terhubung ke dua kamera offside.

Hal-hal yang dapat ditinjau dalam penggunaan Video Assistant Referee (VAR)  di pertandingan sepak bola FIFA, sebagai berikut:

  1. Meninjau proses terjadinya gol, jika ada kemungkinan pelanggaran, handball, atau offside;
  2. Meninjau terjadinya pinalti, melihat kemungkinan terjadinya pelanggaran, handball, dan diving yang sengaja dilakukan untuk mencari keuntungan;
  3. Meninjau pelanggaran yang berpotensi hukuman kartu merah, misalnya ketika insiden perkelahian antar pemain atau adanya pelecehan dari gestur pemain;
  4. Memeriksa ulang kesalahan identifikasi dari wasit, guna memastikan pemberian kartu kuning atau merah.

Dengan begitu, teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan seluruh elemen yang terlibat dalam pertandingan sepak bola. Perselisihan dan keraguan dari pemain bola, klub, panitia, supporter dalam menilai keputusan wasit kini bisa diminimalisir.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »