Tanggal :2 July 2022

Teknologi Pertanian Modern pada Masa Mendatang

Ilustrasi modern farming | Sumber: Medium

Pertanian merupakan salah satu sektor penopang yang tangguh untuk Indonesia. Terlebih karena kekayaan alamnya membuat pertanian Indonesia sangat berpotensi untuk menghasilkan hasil bumi berkualitas tinggi. Bidang pertanian masih lekat dengan sistem tradisional, namun kenyataannya sudah banyak teknologi yang mendorong agar hasil pertanian dapat lebih optimal. Salah satu inovasi yang digunakan adalah robot.

Gulma menjadi salah satu faktor pengganggu pertumbuhan tanaman, namun kini dapat dibasmi lebih cepat dengan menggunakan Agmechtronix, robot yang mengandalkan teknologi sensor untuk mencari gulma. Teknologi robot ini memungkinkan petani untuk membersihkan gulma dalam masa germinasi kapan saja, dan mampu membantu meningkatkan produktivitas tanaman sehingga diperoleh hasil panen yang lebih baik.

Vision robotics dapat membantu petani dalam mendeteksi tanaman yang rusak. Sensor yang dimiliki oleh robot ini memungkinkan untuk mencari daun selada yang rusak, lalu menyemprotkan cairan agar daun selada yang rusak hilang. Vision robotics juga mengurangi tenaga kerja dan waktu kerja yang sebelumnya memerlukan 15 orang selama seharian menjadi satu sampai dua orang saja dalam waktu beberapa jam.

Teknologi robot tak sebatas mendeteksi gulma, Robot RIPPA memiliki sensor canggih yang dapat mendeteksi benda asing dan bahkan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan berbagai data penting yang dapat mempengaruhi hasil panen. Robot RIPPA yang dilengkapi dengan teknologi berbasis precision farming mampu mengidentifikasi tanaman yang terserang penyakit, menunjukan metrik dari kualitas tanaman, memprediksi hasil dan waktu panen, serta lain sebagainya. Menakjubkan bukan?

Luas lahan menjadi pertimngan dalam memilih robot yang akan digunakan. Robot Oz dan Robot Dino merupakan robot dari Naio Technologies. Robot Oz yang berukuran kecil cocok digunakan untuk pertanian lahan sempit dan green house, sedangkan Robot Dino memiliki ukuran lebih besar sehingga cocok digunakan untuk lahan pertanian yang lebih luas. Kedua robot ini memiliki fungsi yang sama yaitu menjaga tanaman dari gulma, mengelola lahan, dan memanen hasil pertanian.

Kehadiran robot ini tentu sangat membantu dan menghemat waktu dalam setiap kegiatan pertanian. Adanya teknologi yang mendukung akan mendorong kemajuan pertanian di suatu daerah agar dapat meningkatkan potensi dan hasil pertanian menjadi lebih optimal. Menurut Smart People, teknologi robot mana yang sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini?

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »