Tanggal :2 July 2022

Tantangan yang Dihadapi dalam Mewujudkan Smart City

Ilustrasi Smart City | Sumber: BM Communications

Halo Smart People, dari beberapa artikel yang telah dipublikasi, pastinya sekarang Kamu sudah cukup familiar dengan smart city, bukan? Nah, sejatinya pembangunan smart city membutuhkan kontribusi dan pemahaman dari beberapa pihak, selain itu diperlukan juga kolaborasi antara inovasi dan realisasi dari ide yang direncanakan. Pertanyaannya, apa yang menjadi tantangan mewujudkan smart city bagi setiap daerah? Mari simak informasi di bawah ini! 

1.Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) berperan dalam membantu pengembangan smart city. Semua SDM yang berkontribusi harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang datang dari perencanaan hingga implementasi smart city, seperti teknologi dan digitalisasi. Selain itu, diperlukan juga kemampuan SDM yang unggul untuk turut membantu pembangunan smart city, bahkan sampai hal seperti aspirasi dari masyarakat terkait perkembangan smart city di daerahnya juga merupakan hal penting. 

2.Regulasi Pemerintah

Pemerintah berperan penting karena setiap regulasi atau kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dapat berpengaruh pada proses pembangunan smart city. Selain itu, dana untuk perkembangan dan inovasi dari pemerintah sangat membantu dalam akselerasi mewujudkan smart city. Sosialisasi dari pemerintah ke masyarakat juga berperan penting karena dengan adanya pemahaman dan materi yang diberikan oleh pemerintah ke masyarakat, maka akan semakin mudah konsep smart city diterima oleh masyarakat luas. 

3.Ketersediaan Information and Communications Technology (ICT)

Information and Communications Technology (ICT) masih menjadi tantangan besar dalam mewujudkan smart city karena posisinya krusial dalam masalah konektivitas yang akan berkaitan dengan penerapan Internet of Things (IoT). Interkonektivitas dari IoT tentunya akan memungkinkan otomatisasi dalam memperluas area smart city.

4.Cyber Security

Cyber security disini ditujukan pada keamanan digital. Karena nantinya smart city menggunakan sistem yang kompleks dan terintegrasi sehingga membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi pula. Banyaknya perangkat yang terhubung ke sistem smart city seperti barang atau benda yang terintegrasi dengan perangkat teknologi dan internet, data pribadi seperti rekening dan akun sosial media merupakan beberapa contoh yang harus dilindungi keamanan informasinya di sistem komputer. 

Menurut Smart People, kendala apa lagi yang dihadapi oleh Indonesia dalam membangun smart city? 

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »