Tanggal :9 December 2022

Surabaya, Surakarta, dan Batu Raih Penghargaan Kota Pintar di Indonesia

Kamu udah tau belum kalo ada yang namanya Indonesia Smart Nation Award? ISNA itu memberikan penghargaan kepada daerah-daerah pintar di Indonesia. Dalam ISNA, kategori dibedakan menjadi tiga; kategori kecil, menengah, dan besar, yang dibedakan menurut jumlah penduduk.

Penghargaan ini lebih komprehensif karena menilai semua variabel yang ada dalam kota yang dinilai. Ada ribuan variabel dengan jutaan data yang diolah. Terus dinilainya berdasarkan apa, yaitu:

Pertama, kenyamanan daerah tersebut untuk ditinggali; kedua, daerah yang gak menyusahkan dalam artian kalo naik transportasi tidak macet, kalo belanja tidak jauh, dan kaya akan fasilitas umum. Selain itu, kota pintar juga adalah daerah yang aman, yang tidak rawan kejahatan, dan membuat penduduknya semakin sehat dan sejahtera.

Lalu, siapa aja nih yang menang di ISNA 2015?

Untuk kategori kota besar penghargaan diberikan kepada Kota Surabaya, peringkat kedua diraih Bandung, lalu disusul Semarang, Bekasi, dan Depok.

Kategori kota menengah juara satunya adalah Kota Surakarta, peringkat kedua Yogyakarta, dan selanjutnya adalah Cimahi, Cirebon, dan Balikpapan.

Sementara untuk kota kecil, juaranya adalah Kota Batu, diikuti oleh Pasuruan, Madiun, Blitar, dan Bontang.

Gak cuma kota, penghargaan daerah pintar kiga diberikan kepada kabupaten dan provinsi. Kabupaten besar peringkat pertamanya diraih oleh Bogor, diikuti oleh Sleman, Tangerang, Banyuwangi, dan Bandung. Untuk kabupaten menengah, Bantul ada di urutan pertama diikuti oleh Badung, Semarang, Gianyar, dan Boyolali. Sementara untuk kabupaten kecil yang menduduki peringkat pertama adalah Bintan, diikuti oleh Mukomuko, Lampung Barat, Klungkung, dan Pohuwato.

Nah kalo untuk provinsi, kategori provinsi besar yang jadi juaranya adalah Jawa Barat, diikuti secara berurutan oleh Jawa Timur, DKI Jakarta,dan Jawa Tengah. Kategori provinsi menengah dijawarai oleh Bali, peringkat selanjutnya adalah DI Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat, sementara untuk kategori provinsi kecil yang peringkat satu itu Kepulauan Riau, diikuti oleh Gorontalo, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Wah, selamat ya untuk para pemenang!

Tapi variabel penilaian yang paling menjaga lingkungan atau alam paling gak rusak gitu masuk gak sih? Semoga sih ada ya. Karena buat apa kotanya maju, tapi untuk mencapainya banyak yang harus dikorbankan termasuk keasriannya. Ngomong-ngomong kota kamu ada gak di daftar di atas?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »