Tanggal :24 May 2022

Sumbawa dan Ide Smart Branding nya

Sejak tahun 2018 silam, Kabupaten Sumbawa telah menjadi salah satu kabupaten dalam program nasional Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah demi mencapai cita-cita Kabupaten Sumbawa menjadi Smart City. Dengan adanya smart city, maka suatu daerah harus pandai dalam mengenalkan suatu daerahnya, dan dalam hal ini Smart Branding merupakan pilar untuk meningkatkan daya saing daerah dengan penataan wajah Kabupaten Sumbawa dalam memasarkan potensi daerah dalam 3 (tiga) area kerja  untuk mencapai strategi pada dimensi ini, yaitu Tourism, Business, dan City Appearance


Implementasi regulasi Smart Branding diarahkan untuk membangun kemitraan bisnis, ekosistem pariwisata dan penataan kota. Penerapan sejumlah regulasi telah mendorong perluasan jumlah ruang terbuka hijau di Kabupaten Sumbawa, dan penataan sejumlah destinasi wisata untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam hal ini juga, sumbawa mengenalkan bagaimana mereka akan mencapai cita cita mereka lebih lanjut dengan 3 elemen utama yang menjadi fokus mereka dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan smart city.

Tourism

Kabupaten Sumbawa yakin dengan mengintegrasikan destinasi wisata Kabupaten Sumbawa yang didukung infrastruktur akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan dan dianggap lebih berjangka panjang. Kabupaten sumbawa juga yakin dengan menguatkan kelompok sadar wisata warga juga secara tidak langsung akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan menjadi lebih melek teknologi.

Business

Kabupaten Sumbawa percaya dengan menguatkan koperasi dan UKM melalui peningkatan kapasitas digital marketing dan manajemen bisnis akan membuka peluang besar bagi sumbawa sendiri. Lalu dengan adanya platform e-Commerce untuk memasarkan UMKM akan mempermudah penyelenggaraan pameran / promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sehingga membuat perekonomian kabupaten menjadi lebih maju dan lancar. Pemerintah sumbawa juga yakin bahwa tersedianya sarana penunjang pusat Informasi pariwisata dan terlaksananya event-event Promosi Pariwisata di dalam dan luar daerah.

City appearance

Kabupaten Sumbawa berharap bahwa dengan melakukan smart city dalamcity appearance akan membentuk brand image dari Kabupaten Sumbawa sebagai Destinasi Wisata Bersahabat, yang membangun kawasan ruang terbuka hijau dengan berbasis adopsi kultur lokal sehingga menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih sustainable

Beberapa perangkat daerah yang berkaitan langsung dengan upaya mewujudkan program Smart City di Kabupaten Sumbawa akan mendapat bimbingan dan evaluasi dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil dengan aplikasi SILAMO (Sistem Informasi Layanan Administrasi Kependudukan Online) sebagai Quickwins Smart Governance, lalu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan SIJINAK (Sistem Jaringan Informasi Peternakan) sebagai Quickwins Smart Economy, serta Dinas Lingkungan Hidup dengan aplikasi Go-SIPS (Government Samawa Bersih Sampah) sebagai Quickwins Smart Environment. 

Diikuti juga oleh Dinas Koperasi UKM dan Indag dengan aplikasi UMKM SUMBAWA sebagai Quickwins Smart Branding, dan Dinas Sosial dengan aplikasi SIPATARA (Sistem Informasi Menuju Masyarakat Sejahtera) sebagai Quickwins Smart Society, serta RSUD Sumbawa dengan aplikasi SIMRS KHANZA (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) sebagai Quickwins Smart Living.

Ditulis Oleh Diva Maharani

Referensi: 

http://smartcity.sumbawakab.go.id/smart-branding/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »