Tanggal :10 December 2022

Strategi Up Selling: Best Value Offer

Design by: Arsy Eric

Up selling adalah strategi mendorong pembelian tambahan yang membuat pelanggan membeli barang dengan harga yang lebih mahal dan kualitas yang lebih bagus untuk memaksimalkan nilai pembelian mereka dan meningkatkan keuntungan dalam bisnis.

Up selling meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dengan mengajarkan mereka tentang alternatif yang lebih baik untuk pilihan mereka saat ini. Bahkan banyak pelanggan menghargai diskon atau tambahan yang ditawarkan oleh penjual karena memilih alternatif dapat membuat mereka mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.

Contoh mudah dari penerapan strategi up selling yaitu saat Smart People akan melakukan reservasi kamar hotel dengan harga Rp 600.000 per malamnya. Kemudian, pihak hotel menawarkan tambahan fasilitas sarapan untuk dua orang dengan harga Rp 650.000 saja.

Jika kalian menerima penawaran penjual dan akhirnya memesan kamar sekaligus sarapan yang direkomendasikan, dapat dikatakan bahwa penjual berhasil melakukan strategi up selling. Strategi tersebut tentunya tidak akan merugikan pembeli karena akan senang bisa mendapatkan kamar dan sarapan dengan harga cukup terjangkau. Penjual pun diuntungkan karena mendapatkan profit yang lebih banyak. Jadi, kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan.

Up selling bukan hanya taktik penjualan semata, tetapi sebuah strategi untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan. Jadi, menerapkan strategi up selling tidak hanya bisa membawa lebih banyak profit, tetapi juga membangun customer engagement.

Nah Smart People, di tengah persaingan usaha yang semakin kompetitif, hal yang sangat penting adalah menemukan cara untuk menjual seluruh produk dan layanan dalam bisnis secara optimal dan up selling merupakan salah satu strategi yang membuat pelanggan puas sekaligus meningkatkan keuntungan dalam bisnis.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »