Tanggal :21 May 2022

Strategi Pemulihan Ekonomi Travel Bubble Indonesia melalui Acara MotoGP Mandalika

Gambar 1. Design by: Sumanto

Kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 merupakan virus jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia. Pandemi Covid-19 saat ini sudah melanda 210 negara. Pemerintah di negara-negara maju maupun berkembang masih terus berupaya mengerem penyebaran virus corona jenis baru ini (SARS-CoV-2), masalah ini menjadi mimpi buruk bagi sektor pariwisata yang merupakan industri yang sangat rentan karena terdampak paling awal dan pulih paling akhir.

Pandemi Covid-19 berdampak secara langsung terhadap sektor pariwisata karena pembatasan perjalanan (Lockdown) yang meluas dan penurunan permintaan besar-besaran terjadi karena penundaan dan pembatalan perjalanan turis internasional (overnight visitors) jatuh sebesar 74% pada tahun 2020 dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Agar sektor pariwisata Indonesia bangkit lagi, pemerintah memang perlu menerapkan sejumlah kebijakan atau langkah strategis. Salah satu yang penting adalah membangkitkan perjalanan domestik ketika larangan perjalanan internasional masih berlaku. 

Dalam konteks tersebut, Pemerintah melalui Menparekraf selalu gencar mengkampanyekan lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. 

Langkah strategis lainnya adalah menerapkan Travel Bubble yang sering juga disebut sebagai jembatan perjalanan (travel bridges) atau koridor korona (corona corridors). Dilansir Travel Kompas.com, konsep travel bubble adalah perluasan dari konsep “gelembung sosial”. Orang memperluas zona karantina mereka untuk memasukkan lebih banyak orang yang mereka anggap aman. 

Selain memasukkan langkah-langkah pencegahan epidemi, kebijakan travel bubble perlu didukung oleh teknologi digital dan aplikasi telepon seluler untuk mengontrol lokasi dan memantau pergerakan wisatawan.

Sementara, pada tahun ini Indonesia akan menggelar acara tahunan Moto Grand Prix (MotoGP) yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok Selatan pada 18 hingga 20 Maret 2022. Pemerintah sudah menyiapkan strategi untuk pemulihan ekonomi, tak kalah pentingnya juga masalah kesehatan para pemain dan pengunjung. 

Platform online travel agent (OTA) Indonesia, tiket.com telah ditunjuk oleh penyelenggara MotoGP Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dorna Sports sebagai mitra tiket & travel app resmi untuk ajang tersebut.

Melalui sosial branding penyelenggara dan antusias pemerintah dalam memulihkan ekonomi pada era pandemi saat ini diharapkan bisa meningkatkan dan mengembalikkan jumlah wisatawan domestik seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Yuk mari kita sama-sama membangkitkan ekonomi Indonesia! 

Jangan lupa follow media sosial kita di Instagram @citiasiainc dan @smartnation.id! Terus pantau artikel atau berita menarik lainnya hanya di smartnation.id! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »