Tanggal :27 January 2022

Smelter Terbesar di Dunia Akan Ada di Indonesia

Indonesia akan memiliki pabrik pemurnian dan pengolahan (Smelter) tembaga terbesar di dunia. Pada tanggal 12 Oktober 2021, Presiden Joko Widodo telah melakukan peresmian groundbreaking pembangunan smelter oleh  PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur. 

Sumber: cnbcindonesia.com

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa smelter ini akan dibangun dengan desain single line. Smelter ini menjadi yang terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Ia juga menjelaskan, dari kemampuan pengolahan 1,7 juta ton tersebut, smelter ini juga akan menghasilkan 480.000 ton logam tembaga. Jokowi menilai, ini potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan Indonesia. 

Jokowi menambahkan, banyak yang tidak mengetahui bahwa Indonesia termasuk dalam kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia, sehingga potensi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Beliau berharap kehadiran smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk masuk ke KEK Gresik.

“Pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh agar iklim investasi kita semakin baik. Baik infrastruktur, kemudahan dan kepastian berusaha hingga ketersediaan SDM sesuai dengan kebutuhan industri juga akan terus kita dukung,” ujar Jokowi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, smelter Freeport di Gresik yang menelan investasi Rp 42 triliun akan menjadi fasilitas pemurnian tembaga untuk menghasilkan katoda tembaga, serta pemurnian logam berharga lainnya. Smelter ini diproyeksikan akan memproduksi emas rata-rata 35 ton per tahun, dengan nilai transaksi yang dihasilkan sebesar Rp 30 triliun per tahun. Selama proses konstruksi, disebut akan mampu menyerap tenaga kerja hingga 40.000 orang.

Pembangunan smelter ini diharapkan dapat menambah jumlah penerimaan negara di masa mendatang, dari hasil pengolahan tambah mentah serta smelter dipastikan dapat meningkatkan nilai jual produk dari sumber daya alam Indonesia dan harapannya produk smelter dalam negeri dapat bersaing di kancah Internasional.

Penulis : Wanda Marissa | Ilustrasi : Arsy Eric

Referensi: 

  1. https://nasional.tempo.co/amp/1516406/groundbreaking-smelter-freeport-di-gresik-jokowi-ini-terbesar-di-dunia
  2. https://money.kompas.com/read/2021/10/13/120100526/indonesia-bakal-punya-smelter-terbesar-di-dunia?page=all#page2
  3. https://economy.okezone.com/amp/2021/10/12/320/2485197/ri-punya-smelter-terbesar-di-dunia-senilai-rp42-triliun#
  4. https://www.cnbcindonesia.com/news/20211013102102-4-283523/terbesar-di-dunia-smelter-baru-freeport-dibangun-di-gresik/amp
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.