Tanggal :10 December 2022

Smart City Semakin di Depan, Pemprov Jatim Dukung Program Kota Cerdas Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Pada hari Kamis tanggal 13 Oktober lalu, telah diselenggarakan Sosialisasi Program Gerakan Menuju Provinsi Cerdas (Smart Province) di Provinsi Jawa Timur. Acara sosialisasi ini disampaikan oleh Hari Kusdaryanto sebagai tenaga ahli kominfo dari PT. Citiasia Internasional dan juga dihadiri oleh Kepala Bidang Aptika, Achmad Fadlil Chusni yang mewakili Kadis Kominfo Jatim. 

Melalui program smart province ini, harapannya pelayanan sektor publik dapat ditingkatkan dengan menyatukan beberapa elemen yang ada seperti pemerintahan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, sumber daya manusia dan transportasi.

Kemudian, Achmad Fadli Chusni juga mengungkapkan sudah terdapat 34 Kabupaten Kota di Jatim yang sudah mempunyai dokumen perencanaan pembangunan smart city sebagai langkah awal. Sebab itu, upaya smart province pun akan lebih mudah karena sudah ada landasan yang kuat di kabupaten kota.

Hal yang lebih penting dalam pembangunan smart city adalah program ini harus dilandasi kerja sama antar kabupaten dan kota untuk mewujudkan integrasi pelayanan masyarakat, seperti smart government yang bisa terwujud melalui ekosistem pemerintahan berbasis elektronik serta kompetensi sumber daya manusia. 

Smart environment yaitu penatakelolaan lingkungan antar ekosistem, smart living untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dari layanan teknologi informasi dan komunikasi, smart economy untuk tersambungnya interkoneksi sektor ekonomi dari mikro, medium, dan makro yang terlindungi dan smart branding untuk membangun citra kota yang tertib, teratur, aman, dan mengembangkan pusat inovasi.

Jika program smart city di Jatim berjalan dengan baik, maka perwujudan East Java Smart Province akan segera terealisasi, ungkapnya.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »