Tanggal :5 February 2023

Smart Capital City Julukan bagi Ibukota Nusantara (IKN)

IKN (Ibu Kota Nusantara) merupakan pusat pemerintahan baru negara Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur. Menteri Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan Ibu Kota Negara Baru akan mengusung konsep gerakan menuju 100 smart city sehingga mendapat julukan baru yakni Smart Capital City, dalam Dialog Apa Kabar Indonesia Malam TV One tentang IKN, Magnet Pertumbuhan Ekonomi Baru, dari Jakarta Selatan, Kamis (10/05). 

Smart Capital City merupakan area perkotaan yang menggunakan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) sehingga dapat memudahkan pemerintah untuk terhubung dengan masyarakat, memantau infrastruktur dan fasilitas kota hingga peristiwa yang terjadi di wilayahnya secara real-time serta segera mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data yang ada.

Menurut Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika RI mengungkapkan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi Smart Capital City yang didukung dengan teknologi informasi baru, 4G dan 5G secara komprehensif. Sehingga, teknologi tersebut membentuk Kota cerdas yang dapat merubah cara kerja, budaya kerja, serta meningkatkan efisiensi kerja.

Johnny G. Plate bersama dengan pihak terkait telah membangun infrastruktur telekomunikasi jaringan backbone (tulang punggung) di sekitar IKN yang sudah dibangun baik oleh Kemenkominfo melalui Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BLU BAKTI) maupun operator telekomunikasi seluler dan operator jaringan telekomunikasi kabel fiber optik (FO).

Pengembangan teknologi memiliki tiga indikator utama yang menjadi pembangunan ekosistem digital. Pertama, peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government development indeks dari United Nation. 

Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100% untuk semua penduduk dan bisnis. Ketiga, tingkat kepuasan berbisnis atau business satisfaction bidang layanan digital yang mencapai 75% atau lebih. Ketiga tercapainya Smart City IKN akan menjadi kota cerdas yang nyaman, efisien dan modern. 

Hal ini tentu akan membuat sejumlah kementerian akan bekerja ekstra guna menyukseskan pembangunan IKN Nusantara. Adanya pembangunan IKN akan memberikan dampak positif di semua sektor kehidupan masyarakat, baik dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »