Tanggal :14 August 2022

Skenario Inovasi Teknologi di Masa Depan: Manusia dan Robot Saling Berkolaborasi

Berbicara masa depan, kita tidak ada yang tahu tentang masa depan akan seperti apa, namun masa depan harus direncanakan karena seringkali dapat mengejutkan kita. Untuk menghadapi persiapan kejutan masa depan, skenario masa depan sering dikembangkan untuk merespon dan mengantisipasi kebutuhan akan masa depan. Perencanaan skenario merupakan salah satu disiplin ilmu dalam bidang studi masa depan. Skenario digunakan untuk menganalisis dan memperkirakan kejadian atau kondisi di masa yang akan datang. Perencanaan skenario adalah salah satu alat untuk merencanakan dan menganalisis masa depan secara strategis (Setya, 2018).

Salah satu perkembangan skenario teknologi yang mempengaruhi sistem kerja manusia di masa yang akan datang adalah teknologi robotika. Banyak Negara maju berlomba-lomba untuk menciptakan robot yang canggih dengan tujuan-tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tertentu tersebut erat kaitanya dengan kebutuhan akan adanya alat yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga pekerjaan yang dirasa tidak dapat terselesaikan oleh tenaga manusia dapat terselesaikan (Prasetyawan, 2012). Perkembangan teknologi robotika telah membuat kualitas kehidupan manusia semakin tinggi. Saat ini perkembangan teknologi robotika telah mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas produksi di berbagai pabrik. Teknologi robotika juga telah menjangkau sisi hiburan dan pendidikan bagi manusia.

Sumber : nawacita.com

Kolaborasi antara manusia dan robot dapat dilihat dari cara kerja robot dalam berbagai pelayanan, salah satunya pelayanan publik. Seperti yang diungkapkan Widhi Krisna Kusuma dari PT ABB Sakti Industri Robotics dalam acara The Indonesian Symposium on Robotic System and Control (IRSC), “Robotika sangat diperlukan di masa depan, dalam dunia industri, robot memegang peran yang penting untuk membantu manusia, sehingga manusia tidak perlu lagi melakukan kegiatan atau pekerjaan yang beresiko fatal bagi kelangsungan hidupnya”. Seperti melakukan pekerjaan berat dengan tingkat keamanan yang minim dan beresiko tinggi. Hal ini sudah diterapkan di perusahaan-perusahaan industri yang sekarang mulai banyak menggunakan jasa robot dalam proses pekerjaan mereka. “Masa depan itu saat ini,  oleh karena itu kalian para peserta KRI penggiat robotik harus punya semangat untuk berkolaborasi dengan dunia digital. Saya juga berharap agar manusia bisa berkolaborasi dengan robot bukan robot menggantikan manusia.” Ungkap Widhi (https://www.umy.ac.id/). 

Pada implikasinya penerapan sistem robot di luar negeri sudah diterapkan oleh Tiongkok. Diungkap oleh Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dalam berita disebutkan bahwa “Tiongkok tengah menguji coba hotel masa depan tanpa manusia. Kalau misalnya kita reservasi hotelnya di aplikasi itu sudah biasa. Jadi ini kalau ini nanti datang sendiri, check in sendiri, pakai retina mata untuk ID, kemudian room service nantinya robot yang menyediakan, saat breakfast robot yang mengantarkan, kecuali pas check out baru ada manusia” ujar Rudiantara. (https://techno.okezone.com/)

Sumber : kumparan.com

Selain itu, di masa yang akan datang nanti pelayanan publik yang mengusung konsep Smart City dan Digital Government akan lebih berkembang dengan memakai robot sebagai alat bantu untuk mencari data atau menyuguhkan public services kepada para pelanggan. Hal ini pula berkaitan dengan apa yang disampaikan Rudiantara dalam mengedukasi tentang pendidikan robotik di Indonesia. “Pendidikan tentang robot sangat penting sejak dini. Seperti yang saya katakan bahwa ada 8 dari teknologi di dalam robotik, misalnya ada Internet of Things (IoT), Artificial Intelligent (AI), Big Data, dan Machine Learning,” (https://techno.okezone.com/).

Penulis : Muhammad Sadam | Ilustrasi : Sumanto

Referensi:

Hestin Untari. 2019. Robot Gantikan Pekerjaan Manusia di Masa Depan, Ini Kata Menkominfo. Dalam berita https://techno.okezone.com/read/2019/10/13/56/2116411/robot-gantikan-pekerjaan-manusia-di-masa-depan-ini-kata-menkominfo diakses pada tanggal 27 September 2021.

Jurnalis Web UMY. 2018. Manusia dan Robot Dapat Berkolaborasi Untuk Masa Depan. Dalam artikel website https://www.umy.ac.id/manusia-dan-robot-dapat-berkolaborasi-untuk-masa-depan diakses pada tanggal 27 September 2021.

Prasetyawan Eko. 2012. “Perancangan dan Pembuatan Robot Penjelajah dengan Mekanisme Penggerak Enam Kaki Berbasis Mokrokontroler AT 89S51”, Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setya Dharmawan Y. 2018. “Skenario Masa Depan Untuk Sektor Publik dan Pengaruhnya Terhadap Pegawai Negeri Sipil”, Jurnal Teknologia, Universitas Internasional Semen Indonesia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »