Tanggal :19 January 2022

Semarang Percontohan Digitalisasi Kota

SEMARANG – Perkembangan program Smart City (Kota Pintar) di Kota Semarang menuai pujian. Digitalisasi kota yang dirintis mulai 2013 oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengundang perhatian dan menjadi percontohan oleh 17 kota anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah VI.

Kota Semarang dianggap menjadi satu dari empat kota di Indonesia yang menjadi kiblat pembangunan Smart City. Tiga kota lainnya adalah Surabaya, Bandung, dan Makassar, yang dinilai mempunyai indeks Smart City yang tinggi. Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi pun diundang sebagai pembicara dalam acara Apeksi di Gorontalo, belum lama ini.

“Saya senang, Mas Hendi mau datang untuk berbagi dengan Apeksi Komwil VI. Semarang, Surabaya, Bandung, dan Makassar adalah kota dengan indeks Smart City tinggi. Ini baik untuk Kota Gorontalo yang baru akan menuju Smart City,” kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, yang juga ketua Apeksi Komwil VI, di Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo, kemarin.

Pujian untuk Ibu Kota Provinsi Jateng juga datang dari COO Citiasia, Hari Kusdaryanto. Dia mengatakan, perkembangan di Semarang, melebihi ekspektasinya. Dia berpikir, Semarang hanya sanggup mengimplemantasikan Smart Government saja. Namun, tahapan saat ini sudah mencapai Smart Society.

Solusi

Dalam kesempatan tersebut, Hendi mengatakan, program itu merupakan solusi sebuah daerah luas dengan jumlah penduduk banyak, yang berguna untuk melakukan integrasi, komunikasi, dan validasi.

Dia pun siap menyumbangkan seluruh sistem pendukung Smart City untuk diduplikasi ke seluruh kota yang tergabung dalam Apeksi Komwil VI. “Kami punya 148 sistem pendukung Smart City. Mulai dari sistem informasi perencanaan daerah, informasi monitoring evaluasi, pelaporan warga online terintegrasi, aplikasi CCTV publik, sampai sistem perizinan bangunan yang dapat diurus tanpa perlu datang ke kantor pemerintah,” ungkap suami Krisseptiana ini.

Semarang kerap kali mendapatkan penghargaan terkait Smart City. Terbaru, pada ajang Indonesia Digital Economy Award 2016 di Jakarta. Dalam ajang tersebut, wali kota Semarang, dinobatkan menjadi rising star event itu. Sebelum mengisi materi Smart City di Kota Gorontalo, Hendi juga diminta berbagai tentang Smart City di GoeSmart di Grand City Convex, Surabaya.

Sumber Disini

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *