Tanggal :26 September 2022

Sawahlunto Menuju Smart City

SAWAHLUNTO, HALUAN — Smart City (Kota Cerdas) tidak melulu berbicara ten­tang tekhnologi yang di­pa­kai, tetapi juga tentang ke­bu­tuhan dan keterlibatan war­ga. Dan ini dapat di­terap­kan di kota Sa­wah­lun­to yang dituntun oleh bule print dan peta jalan yang komprehensif, khas Sa­wah­­lunto (kearifan lokal), di­lak­sanakan dengan kon­siten dan tuntas.Sawahlunto ha­rus memilih yang priritas Smart Governance dan Sm­art Bran­ding.

Hal ini diungkapkan Ha­­­ri Kusdaryanto Chief Ope­ratio­nal Officer Citia­sia ketika memberikan so­sial­isasi Konsep Smart City Branding Kota Sawahlunto, yang digelar oleh Bappeda Sawahlunto, yang dibuka secara resmi oleh Sekda Rovanly Abdams  di hotel Ombilin Rabu(16/3).

Bersama Project Ma­na­ger dan Lead Consultan CC­SN Fitrah Rachmat Ka­usar, Hari menjelaskan, sebuah kota dapat dikatakan cerdas ketika investasi di­bidang SDM dan modal serta in­vestasi di Infras­truktur, tra­disional dan mo­dern dapat meng­gerak­kan pem­bangu­nan ekonomi yang ber­kelan­jutan dan kua­litas hidup yang tinggi, de­ngan pengelolaan SDA yang bijak melalui keterlibatan dan par­tisipasi semua pi­hak. ”Smart City saat ini belum banyak dia­dopsi oleh kota kota di In­do­nesia, mes­ki banyak yang berminat. Hal ini di­karena­kan ban­yak­nya halangan, ter­uta­ma pe­ma­haman ten­tang ko­nsep dan cara mem­bangun,” katanya.

Sumber Disini

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »