Tanggal :1 July 2022

Saingi Apple Watch, Smartwatch Google Diprediksi Meluncur Tahun Depan

Gambar 1. Design by: Sumanto

Kabar smartwatch Google kembali terkuak, berdasarkan sumber terbaru menyebut, Google telah bersiap merilis smartwatch pertama yang dikembangkan sendiri dengan nama kode Rohan pada 2022. Smartwatch dengan kode Rohan ini dibuat oleh divisi hardware Google Pixel yang terpisah dari Fitbit.

Fitbit merupakan salah satu pinoir di ranah perangkat gelang pintar (tekno.kompas.com). Google mengakuisisi Fitbit dengan nilai 2,1 miliar dollar AS atau setara Rp 29,3 triliun pada akhir 2019 lalu. Walau sudah mengeluarkan produk hardware seperti smartphone pixel, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini belum memiliki portofolio perangkat jam tangan cerdas. Padahal, sejak 2014 lalu Google memiliki modal kuat untuk memproduksi smartwatch sendiri dengan membuat sistem operasi khusus smartwatch yakni Wear OS. Sebagai informasi, Wear OS adalah sistem operasi terbuka berbasis Android. Wear OS dapat digunakan oleh para vendor pembuat smartwatch seperti Samsung dengan Galaxy Watch-nya.

Hadirnya jam tangan pintar Google bakal menambah daftar panjang persaingan, apalagi dari sisi inovasi kabarnya Google akan menghadirkan produknya dengan layar bundar tanpa bezel, sehingga bisa dibilang berbeda jauh dari produk smartwatch yang ada di pasaran sejauh ini. Sama halnya dengan jam tangan pintar kebanyakan, Rohan akan menjadi smartwatch yang mengedepankan sensor-sensor kesehatan, seperti pembaca detak jantung dan baterai yang masih membutuhkan pengisian daya setiap hari.

Sementara dari segi tampilan, Google akan menghadirkan Pixel Watch dengan desain yang premium. Artinya, smartwatch ini akan bersaing dengan Apple Watch. Tali jam (strap) juga tersedia dalam versi eksklusif. Lalu, dari sisi software Rohan akan berfungsi sebagai berjalan khusus untuk platform Google, dalam hal ini adalah Wear OS 3.  

Gambar 2. Sumber : www.digitalmusicnews.com

Jam tangan cerdas buatan Google diharapkan akan dapat bersaing dengan smartwatch lain seperti Apple Watch. Sejauh ini, Google belum memberikan informasi kapan pastinya Rohan dirilis.  Bagaimana menurut Smart People? Apakah produk ini akan menjadi trending di tahun depan? Tulis di kolom komentar ya!

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »