Tanggal :19 January 2022

Realisasi Mobil Terbang, Bahkan Bandaranya Sudah Direncanakan

Ilustrasi dari konsep penggunaan mobil terbang di masa depan | Ilustrasi: UX Collective

Bukan lagi sekadar prototype, mobil terbang akan segera dipasarkan pada tahun ini juga. Beberapa negara seperti Jepang, India, dan Swiss telah memperkenalkan produk mobil terbang mereka dan siap dipasarkan ke Eropa dan Amerika Serikat.

Meski disebut mobil terbang, kendaraan yang dipakai sebenarnya bernama EVTOL (Electric Vertical Take-Off and Landing), yang pada dasarnya adalah helikopter listrik bukan mobil untuk dikendarai di jalan dan bisa terbang.

Mobil terbang milik Terrafugia Transition | Foto: Terrafugia

Dibuat Terrafugia Transition, mobil terbang menerima sertifikat kelayakan udara Special Light-Sport Aircraft dari FAA Amerika Serikat, bahkan diberikan izin untuk lepas landas. Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat memberikan persetujuan operasi sebuah kendaraan darat-udara hybrid.

Mobil terbang Terrafugia Transition dibekali mesin injeksi bahan bakar Rotax 912iS Sport 100-hp, kecepatan terbang maksimal 100 mph, dan jangkauan sekitar 400 mil dengan ketinggian 10.000 kaki. Mesin pesawat dapat dijalankan dengan bensin premium atau bahan bakar pesawat 100LL. Sedangkan mobil digerakkan oleh motor listrik hybrid. Fitur standarnya termasuk rem cakram hidrolik empat roda, sangkar pengaman serat karbon yang kokoh, dan parasut badan pesawat. Memiliki berat sekitar 1.300 pound dan roda pendaratan tetap dengan lebar sayap 27 kaki. Mobil terbang ini dapat melesat dengan kecepatan 100 mph, termasuk terbang hingga ketinggian 10.000 kaki (3048 meter).

Dikutip Daily Mail pada 15 Februari 2021, mobil terbang ini tersedia untuk pilot dan di sekolah penerbangan. Namun, masih perlu waktu sekitar satu tahun lagi sebelum komponen mobilnya legal di jalan raya karena masih harus memenuhi standar keselamatan jalan raya.

Bandara khusus mobil terbang yang dibuat oleh Hyudia dan Urban Air Port | Foto: Robb Report

Bandara mobil terbang ini rencananya akan dibangun di Coventry, Inggris. Proyek ini didanai pemerintah Inggris sebagai program mengatasi kemacetan jalan dan polusi. Bandara juga menyediakan fasilitas pengisian daya. Tempat lepas landasnya dibuat lebih tinggi untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Dikembangkan oleh Urban Air Port, proyek ini didanai pemerintah Inggris sebesar 1,2 juta poundsterling (Rp 23 miliar). Rencananya, bandara mobil terbang dan drone ini akan dibuka pada November 2021, bersamaan dengan perayaan Coventry sebagai Kota Masa Depan Inggris.

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://hai.grid.id/amp/072539487/mobil-terbang-siap-meluncur-2021-inggris-siapkan-bandara-pertama-untuk-parkir?page=all
  2. https://www.kompas.com/global/read/2021/02/01/195717270/bandara-mobil-terbang-pertama-di-dunia-segera-dibuka-di-inggris?page=all&jxconn=1*ipt2pf*other_jxampid*bTd1R2VTdExlNFhqbmFFTTB2Sjk5RWg0M2t4Q0NOWXVoWXZkdHRIdnY3REdGc2thOTNER0trOEtBSUZfTDJJcQ..#page2
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *