Tanggal :2 July 2022

Raisa: Inovasi Robot Medical Assistant Besutan Unair dan ITS di Masa Pandemi

Gambar 1. Design By: Sumanto

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi menyebabkan generasi muda mampu memberikan suatu hal yang bisa mendukung dunia untuk menjadi lebih maju, baik dengan mengembangkan inovasi yang telah ada maupun menciptakan sebuah inovasi baru yang bermanfaat untuk setiap kalangan yang membutuhkan. Hal ini tentunya dibekali dengan adanya rasa penasaran dan ingin belajar di dalam diri masing-masing sehingga akan meminimalisir terjadinya kekeliruan dalam pengambilan keputusan. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan hadirnya suatu kebiasaan baru dalam kehidupan yang dikenal dengan e-life atau bisa disebut bahwa segala kebutuhan manusia telah dipengaruhi secara elektronik. Hal ini bisa dilihat pada adanya istilah seperti e-commerce, e-education, e-medicine, maupun e-health (Zulfah, 2018). Salah satu inovasi yang menjadi karya generasi muda dalam e-health adalah dengan menciptakan sebuah teknologi Robot Raisa hasil kolaborasi antara Unair dan ITS.  

Kolaborasi ini tentu berkaitan dengan munculnya virus corona yang membuat masyarakat sampai saat ini ketar-ketir. Corona atau Covid-19 adalah virus jenis baru yang ditemukan pada tahun 2019 dan belum pernah diidentifikasi pada manusia. Pandemi corona saat ini sudah melanda 210 negara. Pemerintah di negara-negara maju maupun miskin masih terus berupaya mengerem penyebaran virus corona jenis baru ini (SARS-CoV-2) (https://docplayer.info/). 

Gambar 2. Sumber : www.its.ac.id

Robot merupakan suatu mesin yang dirancang untuk membantu atau menggantikan peranan manusia dalam mengerjakan beberapa tugas seperti dalam melakukan tugas yang berat atau tugas sehari-hari. Pergerakan pada robot dapat diatur secara otomatis dan dapat dikendalikan oleh manusia. Robot besutan Unair dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mempunyai nama RAISA (Robot Medical Assistant ITS-Airlangga). Tujuan dari kolaborasi ini Guna meminimalisir kontak antara tenaga medis dengan pasien Covid-19 serta mengurangi pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang persediaannya semakin menipis. Seperti yang disampaikan oleh Direktur RS Universitas Airlangga Prof dr Nasronudin SpPD-KPTI FINASIM, “Robot ini mampu memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang diisolasi seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan,” ungkapnya. (https://www.its.ac.id/news/). 

Sementara itu, Muhtadin ST MT, salah satu tim peneliti robot dari ITS menjelaskan, jika robot ini bisa beroperasi bergantung pada koneksi Wireless Fidelity (Wifi), dan dengan spesifikasi baterai 0,85 kWh RAISA digadang-gadang mampu bertahan sekitar 8-10 jam (https://www.its.ac.id/news/).

RAISA ini dikendalikan menggunakan remote control dari jarak jauh dengan joystick. Robot ini merupakan gabungan teknologi yang ada pada empat robot milik ITS sebelumnya, yakni robot sepakbola beroda (Iris), robot kapal tanpa awak (Barunastra), robot humanoid (Ichiro) dan robot untuk Kontes Robot Indonesia (KRI). Robot setinggi 1,5 meter ini dilengkapi dengan empat rak secara bersusun yang bisa membawa banyak barang maksimal 50 kilogram. Selain itu juga dilengkapi monitor untuk komunikasi dua arah antara tenaga medis dengan pasien menggunakan multimedia. (zar/HUMAS ITS).

Gambar 3. Sumber : www.its.ac.id

Selain fitur-fitur yang sudah dijelaskan tadi, ada beberapa fitur tambahan sesuai permintaan seperti fitur untuk mengukur suhu tubuh hingga mengukur kadar oksigen pada pasien. “Robot RAISA juga bisa membuka pintu secara otomatis apabila pintu rumah sakit telah ditambahkan alat pelengkap,” ujar Prof Dr Mochamad Ashari MEng selaku Rektor ITS (https://surabaya.liputan6.com/). 

Diharapkan kedepannya inovasi ini terus dikembangkan, mengingat di masa depan sudah memasuki era industri 5.0. yang mana hampir seluruhnya menggunakan teknologi yang lebih canggih guna menopang segala kegiatan yang ada. 

Penulis : Sadam Khadafi | Ilustrasi : Sumanto

Referensi:

  1. https://docplayer.info/185922371-Gerak-satgas-covid-19-its-periode-i-maret-mei.html diakses pada tanggal 06 Oktober 2021.
  2. Humas ITS. 2020. Kolaborasi ITS-Unair Luncurkan RAISA, Robot Pelayan Pasien Covid-19. Dalam berita https://www.its.ac.id/news/2020/04/14/kolaborasi-its-unair-luncurkan-raisa-robot-pelayan-pasien-covid-19/ diakses pada tanggal 06 Oktober 2021.
  3. Melani, Agustina. 2020. ITS Siap Produksi 20 Robot RAISA per Bulan. Dalam berita https://surabaya.liputan6.com/read/4377690/its-siap-produksi-20-robot-raisa-per-bulan diakses pada tanggal 06 Oktober 2021.
  4. Zulfah, S., 2018. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan”. 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »