Tanggal :10 December 2022

PLATFORM DIGITAL JAGAT NUSANTARA MEMBANGUN KOTA MENJADI LEBIH MODERN

Platform digital ini merupakan gambaran dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang pada kenyataannya masih dalam tahap pembangunan. Namun, dengan diluncurkannya platform ini pada Jumat (28/10/2022), masyarakat dapat melihat IKN secara gratis melalui metaverse yang dapat diakses di link play.jagat.io. (tribunnews.com, 2022)

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dalam konferensi pers dari Co-Founder sekaligus CEO Jagat Barry Beagen dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa saat ini belum ada biaya untuk mengakses IKN di Jagat Nusantara. Masyarakat hanya diminta unduh atau download jika ingin menikmati teknologi tersebut. (suara.com, 2022)

Jagat Nusantara adalah platform media sosial masa depan, platform e-commerce masa depan, serta platform olahraga dan hiburan masa depan. Platform ini dapat menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil. Selain itu, pengguna juga dapat mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, dan interaksi lainnya hanya menggunakan telepon genggam dan website, (kompas.com, 2022). 

Menurut Presiden Joko Widodo, Jagat Nusantara menjadi salah satu kesempatan untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh dunia. Selain itu, memberikan peluang bagi siapapun yang ingin memperkenalkan produk secara global, (suara.com, 2022).

“Para seniman Tanah Air juga dapat berkreasi dan menikmati hasilnya seperti konser musik. Kita juga bisa berolahraga, akan menjadi pengalaman bersama yang seru. Ayo generasi muda mari kita membangun Ibu Kota Nusantara bersama-sama melalui inovasi dan kreativitas,” katanya.

Platform Digital Jagat Nusantara Sumber: Ami Heppy S

TATA CARA MEMBUAT AKUN JAGAT NUSANTARA

Untuk mengunjungi platform Jagat Nusantara, pengguna perlu memahami tata cara pembuatan akun di link play.jagat.io. Adapun tata cara membuat akun, sebagai berikut, (suara.com, 2022):

  • Masuk ke laman Jagat, pilih tombol ‘Enter Jagat’ yang berwarna merah.
  • Jika sudah muncul halaman login, klik ‘Create Account’.
  • Masukkan alamat email aktif dan klik ‘Send Code’ untuk dikirimi kode verifikasi pendaftaran akun.
  • Masukkan kode, lalu klik ‘Next’.
  • Masukkan password dan pilih ‘Next’.
  • Buat nickname atau nama panggilan dan pilih jenis kelamin, kemudian klik ‘Enter JAGAT’.
  • Buat avatar sesuai keinginan.
  • Apabila sudah sesuai, lanjutkan pendaftaran dengan memilih tombol ‘Confirm’.

Sementara itu, untuk memulai menjalankan aplikasi di IKN, ‘klik pintu’ yang bertuliskan ‘Into JAGAT’. Untuk berjalan, pengguna laptop atau PC dapat melakukannya dengan menekan tombol arah atau ASDW pada keyboard. 

Namun, jika pengguna ingin melakukan interaksi melalui pesan instan, silahkan klik kolom chat yang ada di sebelah kiri bawah. Pengguna juga bisa menambahkan teman dengan cara klik profil pada orang yang dituju lalu klik ‘ADD’.

Pengembangan platform digital Jagat Nusantara merupakan salah satu upaya agar masyarakat Indonesia melek terhadap perkembangan teknologi yang kian berkembang sangat pesat. Hal ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekspresi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »