Tanggal :24 May 2022

Perkuat Produk Lokal ke Pasar Dunia Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI merupakan langkah strategis untuk memulihkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Menciptakan Indonesia yang maju dan aktif adalah visi nasional yang harus diwujudkan bersama melalui inovasi, kolaborasi, dan rasa bangga dengan karya-karya anak negeri.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Selain itu, Gernas BBI juga untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi, maka penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal mendasar dan mutlak untuk dipenuhi. Pemerintah menargetkan pada tahun 2023, internet dapat dinikmati seluruh wilayah Indonesia. Jaringan koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia, didukung dengan digitalisasi pemasaran, diharapkan produk lokal mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global.

Dampak yang dirasakan pelaku UMKM dari program tersebut adalah meningkatnya kapasitas dan daya saing, sehingga karya yang dihasilkan mampu memiliki nilai jual yang tinggi dan berkualitas. Data dari belikreatiflokal.id menyebutkan, pada tahun 2020 program tersebut terbukti memberikan dampak yang sangat besar. Total revenue keseluruhan pelaku yang bergabung mencapai Rp 22,272,199,667 dan menyerap banyak tenaga kerja.

Hyppe Teknologi Indonesia, yang juga merupakan perusahaan start-up teknologi lokal dengan fokus pada pengembangan Aplikasi Media Sosial, turut memberikan dukungannya terhadap Gernas BBI melalui program khusus yang diberikan kepada para UMKM, yaitu memberikan layanan iklan gratis untuk produk mereka di Aplikasi Media Sosial Hyppe.

Nah, Smart People, Secara tidak langsung Gernas BBI memberikan dampak yang positif untuk kemandirian bangsa. Dengan kuatnya dukungan pemerintah terhadap produk lokal, tentu akan menjadi amunisi yang kuat pula untuk terus berkarya sehingga mampu menciptakan daya saing positif.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »