Tanggal :3 December 2022

Perhelatan MotoGP Mandalika Membawa Angin Segar untuk Hotel di Pulau Dewata

Sumber: Harlie Raethel, Unsplash

Perhelatan MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022 mendatang membawa angin segar bagi sejumlah pelaku pariwisata di Bali, khususnya kawasan Bali Timur. Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem, Bali, I Wayan Kariasa, sebanyak 500 kamar hotel sudah dipesan para calon wisatawan. Sebagian besar hotel tersebut berada di Bali Timur. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah hingga satu atau dua minggu menjelang event MotoGP Mandalika 2022. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, okupansi atau tingkat keterisian hotel di Mataram, Nusa Tenggara Barat, hampir 100 persen jelang gelaran MotoGP 2022. Dia memprediksi akan ada 100.000 wisatawan yang datang menyaksikan gelaran tersebut. Sandiaga memastikan, akan memprioritaskan tempat-tempat penginapan di Nusa Tenggara Barat, sebagai akomodasi para wisatawan yang akan menonton perhelatan ajang balap motor MotoGP 2022 di Mandalika.

Kemenparekraf menyiapkan Bali untuk opsi selain NTB. Namun, dia memastikan Lombok akan jadi prioritas utama untuk akomodasi para wisatawan atau para penonton MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Kemenparekraf juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pelni untuk menyediakan penginapan di atas kapal.

Sejumlah travel membuat paket lengkap dalam perhelatan MotoGP bagi para penonton. Paket itu, berupa pemesanan kamar, transportasi, makan serta mendapatkan tiket MotoGP. Adapun pemesanan kamar hotel akan diurus oleh travel agent, termasuk transportasi dari Padang Bai dan Candidasa menuju lokasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika. Harga paket wisata yang ditawarkan oleh travel agent mulai dari Rp 4,4 juta. Biaya tersebut sudah termasuk akomodasi tiga hari dua malam, konsumsi, transportasi, rapid test, dan tiket nonton MotoGP.

Bali dan Lombok memang sangat dekat. Penonton cukup menggunakan speed boat dengan jarak tempuh 1,5 jam untuk sampai ke Lombok. Mereka kemudian akan diantar ke Sirkuit Mandalika menggunakan shuttle bus yang disiapkan gratis.

Smart People termasuk yang mana nih? Langsung menonton di sirkuit Mandalika atau lebih memilih untuk duduk nyaman di rumah sambil streaming saja? 

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »