Tanggal :26 September 2022

Peran Smart Health dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Melawan Covid-19

Masa pandemi COVID-19 di Indonesia mengakibatkan ketakutan masyarakat untuk melakukan konsultasi kesehatan di fasilitas-fasilitas kesehatan, terlebih lagi himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing dan PSBB. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam membantu memberikan solusi penanganan pandemi COVID-19 selain dengan PSBB yaitu menerapkan konsep smart health.

Apa itu Smart Health?

Smart health adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah, dengan terlaksananya program ini dapat meningkatkan saran produktivitas, dan perekonomian masyarakat. Berikut adalah beberapa ciri dari konsep smart health, yaitu (Nadya Fatrah Balqis, 2020):

  • Pendekatan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi;
  • Berasal dari kebutuhan masyarakat, dikelola oleh masyarakat, sedangkan pemerintah sebagai regulator dan fasilitator;
  • Mengutamakan pendekatan proses daripada target, tidak mempunyai batas waktu, berkembang sesuai yang diinginkan masyarakat sehingga dicapai secara bertahap;
  • Penyelenggaraan kegiatan didasarkan kesepakatan dari masyarakat (tokoh masyarakat, LSM setempat) bersama pemerintah pusat maupun pemerintah daerah;
  • Kegiatan dapat melalui proses dan komitmen pimpinan daerah, kegiatan inovatif dari berbagai sektor yang dilakukan melalui partisipasi masyarakat dan kerjasama;
  • Dalam pelaksanaan kegiatan harus terintegrasi kondisi fisik, ekonomi, dan budaya setempat.
Aplikasi Smart Health

Melalui konsep smart health diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesadaran masyarakat, hal tersebut dapat mengoptimalkan layanan kesehatan dalam mewujudkan generasi Indonesia sehat dalam penanganan COVID-19. Adapun penerapan konsep smart health dengan mengimplementasikan aplikasi pelayanan kesehatan, sebagai berikut (Nadya Fatrah Balqis, 2020):

1) INDONESEHAT

INDONESEHAT merupakan portal online di bidang kesehatan yang menyediakan informasi untuk membantu pengguna hidup sehat. Aplikasi pelayanan kesehatan INDONESEHAT dihadirkan oleh pihak-pihak terkait seperti Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, dan juga IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Program ini berkomitmen untuk membantu setiap orang mendapatkan layanan kesehatan dan juga informasi kesehatan berkualitas di rumah melalui platform teknologi kesehatan pintar yang terintegrasi. Adapun berbagai fitur kesehatan dalam aplikasi INDONESEHAT, sebagai berikut  (Nadya Fatrah Balqis, 2020): 

  • Konsultasi Dokter 

Pada fitur ini dapat mempermudah pengguna konsultasi kesehatan dengan dokter terpercaya secara daring atau online. 

  • Update Kesehatan 

Pada fitur ini memberikan update kesehatan terbaru kepada pengguna informasi yang disediakan seperti data ODP, PDP, Positif COVID-19, Sembuh COVID-19, Meninggal, dan juga update zona-zona merah persebaran COVID-19.

  • Artikel Kesehatan 

Pada fitur ini memberikan informasi terkait COVID-19. Seperti keterangan pelengkap pada wilayah red zone atau zona merah seperti aspek fisik (suhu udara, kelembapan udara, dll), aspek sosial (jumlah penduduk, kepadatan penduduk, dll), aspek ekonomi ( titik perdagangan informal, pasar, dll), serta jalur alternatif tercepat dalam menghindari zona merah COVID-19, selain itu juga terdapat informasi moda transportasi yang tersedia.

  • Tips Kesehatan 

Pada fitur ini memberikan informasi kepada pengguna tentang tips-tips kesehatan dalam menjaga imun tubuh dan lain sebagainya agar pengguna terhindar dari penularan COVID-19.

2) Halodoc

Halodoc merupakan platform yang memberikan layanan konsultasi kesehatan secara virtual. Tujuan dibentuknya Halodoc adalah untuk menyederhanakan akses kesehatan dengan memanfaatkan layanan kesehatan berbasis online serta dilengkapi dengan berbagai spesialis yang berbeda-beda dan ahli dibidangnya. Halodoc tidak hanya memberikan fitur berinteraksi, namun memberikan fitur pelayanan Pharmacy Delivery yakni layanan untuk membeli obat dan bisa langsung diantarkan dalam waktu dalam waktu singkat,  kurang dari satu jam (Halodoc.com, 2017).

3) Medi-Call

MEDI-CALL merupakan platform aplikasi mobile Online to Offline (O2O) dengan sistem location based yang hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pasien yang mengalami kondisi immobilitas. Khususnya, dalam masa pandemi COVID-19 yang berisiko pada penularan penyakit di fasilitas layanan kesehatan (RS / Klinik). Hal inilah yang membuat masyarakat membutuhkan alternatif layanan medis di rumah agar lebih aman dan nyaman bagi pasien. 

MEDI-CALL dapat diakses oleh seluruh pengguna smartphone yang dapat menghubungkan antara pasien dengan layanan home care / visit dokter, perawat, bidan, dan fisioterapi di lokasi pasien. Kelebihan dari aplikasi  MEDI-CALL adalah mampu memberikan layanan sesuai standar dan yang tercepat untuk pasien, dengan tarif layanan yang paling kompetitif dibandingkan provider konvensional. 

Kecepatan dapat dicapai karena layanan MEDI-CALL menggunakan teknologi GPS. Sedangkan efisiensi biaya dapat dicapai karena MEDI-CALL menghilangkan peran pihak ketiga yang sebelumnya mengambil keuntungan yang besar dari tenaga medis. Saat ini MEDI-CALL memiliki lebih dari 2500 partner tenaga medis yang tersebar di seluruh Indonesia dengan indeks kepuasan mencapai 95%. Pertumbuhan bisnis MEDI-CALL lebih pesat saat ini dengan pencapaian GMV hingga lebih dari 10 Miliar pada Q3 tahun 2020 ini, (Indohcf, 2020).

4) Grab Health powered by Good Doctor

Bekerja sama dengan Grab, Good Doctor menyediakan berbagai pelayanan kesehatan bagi pasien rawat jalan dengan memberikan layanan konsultasi, tanya jawab, pembelian obat atau vitamin, dan lainnya. Good Doctor juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam menangani COVID-19 agar tidak menyebar luas.

5) KlikDokter

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat dihimbau untuk tetap melaksanakan aktivitas dari rumah, termasuk dalam melakukan konsultasi kesehatan. Dalam hal ini, adanya aplikasi KlikDokter dapat memudahkan akses masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat. Kemudahan dan kepraktisan yang dihadirkan menjadi faktor pendorong banyaknya masyarakat yang memanfaatkan layanan KlikDokter. 

KlikDokter merupakan aplikasi telemedicine yang menyediakan layanan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis yang berpengalaman dibidangnya. Fasilitas konsultasi dokter di Klikdokter dapat d iakses selama 24 jam melalui Live Chat untuk memudahkan pasien dan dokter berkomunikasi secara online. Adapun fitur-fitur yang dapat digunakan selama melakukan Live Chat, yaitu (Kompas.com, 2021):

  •  Mendapatkan diagnosis, kondisi kesehatan terkini, dan tips 

Aplikasi Klikdokter, dapat digunakan sebagai layanan konsultasi terkait masalah kesehatan, mendiskusikan kondisi kesehatan terkini, dan menanyakan tips seputar gaya hidup sehat. Lewat layanan Live Chat Klikdokter, Anda bisa mengetahui rekomendasi obat, rujukan ke rumah sakit, atau sekadar tips hidup sehat untuk mencegah terserang penyakit.

  •  Dokter umum dan spesialis yang berpengalaman 

Aplikasi Klikdokter menyediakan layanan konsultasi dengan dokter umum serta dokter spesialis yang berpengalaman. Informasi yang diperoleh dari hasil konsultasi pun dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya, Klikdokter menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai organisasi kesehatan di Indonesia, seperti Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Indonesia (ILUNI FK), Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (ILUNI FKG), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

  • Privasi tetap terjaga 

Aplikasi Klikdokter dapat menjamin privasi saat berkonsultasi dengan dokter secara online. Setiap percakapan yang dilakukan pada website dan aplikasi Klikdokter akan terjaga kerahasiaannya. Begitu pula dengan diagnosis yang dokter berikan. Jadi, Anda tidak perlu was-was dan ragu untuk berkonsultasi. 

  • Informasi menarik seputar kesehatan 

Aplikasi Klikdokter tidak hanya menyediakan layanan telemedicine, tetapi juga berbagai informasi menarik seputar kesehatan melalui artikel-artikel di dalam aplikasi. 

Dengan demikian, inilah peran smart health dalam kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat dapat terus menjaga kesehatannya di rumah selama masa pandemi COVID-19. 

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »