Tanggal :26 September 2022

Peran Big Data dalam Pembangunan Smart City

Seperti yang kita tahu, smart city merupakan kota yang menggunakan sensor dan perangkat untuk memanfaatkan teknologi informasi dan internet secara maksimal dalam pengelolaan aset dalam suatu kota. Kemudian, perangkat dan sensor tersebut digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang nanti hasilnya untuk mengoptimalkan pengelolaan kota, sumber daya, dan meningkatkan kualitas hidup. 

Dalam pembangunan smart city, terdapat inovasi teknologi yang memiliki peran penting yang bernama big data.

Sebelum meluncur lebih dalam tentang peran big data dalam pembangunan smart city, akan lebih baik kalau kamu tahu lebih dulu apa definisi dari big data

Apa itu big data?

Dilansir dari Binar Academy, big data adalah serangkaian proses yang terdiri dari data bervolume besar yang tidak terstruktur maupun terstruktur dan dipakai untuk mendukung aktivitas bisnis. 

Bagaimana peran big data dalam pembangunan smart city?

Dilansir dari Blog GamaTechno, sebuah kota dapat dikatakan sebagai kota ‘cerdas’ apabila kota tersebut memiliki ciri seperti resilient city (berdaya tahan), efficient city (efisien), sustainable city (berkelanjutan), eco city (ramah lingkungan), liveable city (layak hidup) dan lain sebagainya.Untuk memenuhi ciri-ciri tersebut, kebutuhan akan data menjadi salah satu isu utama. Big data adalah teknologi yang mampu menganalisis, mengintegrasi, sekaligus bekerja secara real time demi mendukung kinerja sebuah kota cerdas. Karena itu, smart city membutuhkan big data.Dalam pembangunan smart city, cara penerapan dan bagaimana big data berperan sebagai berikut:

1. Manajemen Transportasi yang Lebih Baik.

Adanya penerapan big data akan mempermudah proses pengolahan data dalam jumlah banyak dengan waktu yang cukup singkat. Artinya, hal tersebut akan menghemat waktu dan pengelolaan smart city pun berjalan dengan baik. 

Mengelola lalu lintas di kota-kota modern menjadi tugas yang menantang, namun big data memungkinkan pemerintah untuk mempelajari data transportasi masa lalu, informasi tersebut membantu kota mengetahui tren apa saja yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan  untuk mengurangi jumlah kecelakaan melalui aplikasi sistem navigasi, kontrol sinyal, dan kartu pintar untuk pengemudi.

2. Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Data yang dihasilkan dari pengolahan big data menghasilkan analisis data yang dapat memberikan data pendukung yang akurat dalam pengambilan keputusan. Hasil analisis tersebut akan dijadikan pemerintah sebagai dasar untuk mengambil keputusan dan langkah yang tepat akan sesuatu yang dikerjakan. Contohnya, Jakarta memiliki aplikasi Pantau Banjir untuk memantau debit air di kawasan Jakarta. Jadi, saat Jakarta ada di siaga banjir, pemerintah dapat melakukan antisipasi sebelum terlambat.

3. Lingkungan Menjadi Sejuk dan Bersih

Karena konsep smart city adalah kota sejuk, rapi dan bersih, maka dari itu big data memiliki peran dalam pembangunannya. Misalnya dengan big data, polusi udara dapat dipantau melalui aplikasi Udarakita sehingga pemerintah mengetahui tingkat polusi udara setiap harinya. Setelah itu, pemerintah akan melakukan pencegahan atau cara untuk mengurangi polusi agar kadar udara tetap sehat.

4. Keamanan Terjamin

Agar kota tetap tumbuh, orang-orang yang tinggal di dalamnya harus memastikan bahwa mereka aman. Menganalisis data besar di kota-kota membantu pihak berwenang untuk memahami informasi historis dan geografis daerah yang rentan terhadap kejahatan. Jadi, menjadi lebih mudah bagi kota untuk mengetahui di mana harus berinvestasi lebih banyak dan membuat area tersebut aman bagi semua orang.

5. Energi Efisiensi

Dari energi listrik, bahan bakar hingga penggunaan air bersih dapat dimonitor setiap saat. Hal ini tentu mampu mengontrol penggunaan energi dan berbagai sumber daya agar tetap efisien. Kota-kota menggunakan data dengan konsumsi air dan energi, analis ini membantu pihak berwenang untuk mengatur persediaan dan menghindari pemborosan. Misalnya, PDAM menggunakan sistem monitoring air dalam rumah tangga dengan Mikrokontroler NODEMCU berbasis smartphone android.

Nah, jadi hal-hal di atas merupakan peran big data dalam pembangunan smart city. Menurut Anda, manfaat apa yang paling berpengaruh di hidup Anda sehari-hari?

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »