Tanggal :14 August 2022

Pentingnya Work-Life Balance

Penggambaran sebuah keseimbangan | Sumber: Adobe Stock

Semakin ketatnya persaingan di dunia kerja tak jarang membuat seseorang merasa untuk harus bekerja lebih keras lagi. Akibatnya, istirahat terkadang dilupakan saat melakukan pekerjaan, padahal waktu bekerja dan beristirahat itu sama pentingnya lho Smart People. Maka dari itu, muncul istilah work-life balance yang jika ditafsirkan adalah bagaimana cara seseorang untuk mencari keseimbangan juga kenyamanan baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaannya. 

Menurut Hudson (2005), work-life balance meliputi beberapa aspek, yaitu: 

a. Time balance (keseimbangan waktu)

Menyangkut jumlah waktu yang diberikan untuk bekerja dan peran di luar pekerjaan. Waktu yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dalam organisasi dan perannya dalam kehidupan individu tersebut, misalnya seorang karyawan di samping bekerja juga membutuhkan waktu untuk rekreasi, berkumpul bersama teman, juga menyediakan waktu untuk keluarga.

b. Involvement balance (keseimbangan keterlibatan)

Menyangkut keterlibatan tingkat psikologis atau komitmen untuk bekerja dan di luar pekerjaan. Keseimbangan yang melibatkan individu dalam diri individu seperti tingkat stres dan keterlibatan individu dalam bekerja dan dalam kehidupan pribadinya.

c. Satisfaction balance (keseimbangan kepuasan)

Tingkat kepuasan dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Kepuasan yang dirasakan, individu memiliki kenyamanan dalam keterlibatan di dalam pekerjaannya maupun dalam kehidupan diri individu tersebut.

Lalu, apa manfaat dari work-life balance? Dilansir dari smartpresence.id, ada empat manfaat work-life balance yaitu:

  1.  Kerja lebih produktif
Kerja dengan tingkat produktif yang tinggi | Sumber: NerdWallet

Dengan diterapkannya work-life balance, pekerjaan kamu akan lebih optimal. Dikarenakan semua aktivitas sudah ada porsinya masing-masing, Kamu dapat mencoba menerapkannya dengan menentukan berapa jam kerja, istirahat dan aktivitas di luar pekerjaan sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Lebih bahagia
Seorang perempuan yang sedang tertawa | Sumber: Brooke Cagle, Unsplash

Jika Kamu bekerja dengan waktu yang tepat dan rutinitas yang benar maka akan lebih mudah untuk mencapai sesuatu. Kepuasan batin yang dirasakan ketika mencapai atau menghasilkan sesuatu dengan baik bisa membawa dampak positif untuk tubuh.

  1. Meningkatkan Kreativitas
Menyalurkan kreativitas melalui permainan gitar | Sumber: Chase Yi, Unsplash

Tersedianya waktu untuk aktivitas akan meningkatkan kreativitas Kamu. Karena dengan aktivitas seperti berjalan-jalan, membaca, menonton dan kegiatan lainnya, Kamu akan mendapatkan lebih banyak inspirasi lagi.

  1. Meningkatkan Hubungan Baik
Persahabatan | Sumber: Gemma Chua Tran, Unsplash

Salah satu manfaat terpenting dalam work-life balance yaitu hubungan Kamu dengan orang-orang sekitar. Keseimbangan dan di dalam seluruh aspek kehidupan tentu penting, karena hidup tak sekedar tentang pekerjaan bukan? Ada kehidupan lain di luar pekerjaan yang dapat kamu nikmati seperti menghabiskan waktu dengan keluarga.

Banyak bukan manfaat dari penerapan work-life balance? Smart People dapat memulainya dengan bekerja sesuai target sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu, dan setelah itu Kamu dapat menghabiskan waktu dengan keluarga dan melakukan kegiatan yang Kamu suka. Selanjutnya adalah menetapkan prioritas, hindari membawa pekerjaan kantor ke rumah dan sebaliknya jangan menggunakan jam kantor untuk mengurus hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Semoga membantu ya Smart People!

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/1078/2/BAB%20II.pdf

https://smartpresence.id/blog/pekerjaan/pentingnya-work-life-balance-bagi-karyawan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »