Tanggal :2 July 2022

Pentingnya Sponsorship dalam Meningkatkan Performa Brand

Design by: Arsy Eric

Sponsorship adalah bentuk penerapan dari suatu sistem promosi produk oleh pihak perusahaan ke masyarakat luas. Aktivitas sponsorship sangat berbeda dari pengertian sponsor biasa yaitu iklan.

Dalam penerapannya, pihak perusahaan produsen akan melakukan kerjasama dengan pihak lain yang memiliki tugas dalam mengiklankan produknya kepada masyarakat (agensi sponsorship). Pihak tersebut akan menjembatani proses promosi barang dengan adanya timbal balik yang saling menguntungkan. Umumnya, pihak yang melakukan kegiatan sponsorship akan diberikan upah oleh perusahaan produsen yang ingin mengiklankan produknya.

Namun ada pula yang melakukan sponsorship dengan cara berbeda. Perusahaan membuat kesepakatan dengan panitia sebuah event, organisasi atau pihak individu. Kemudian, perusahaan memberikan sumbangan dana modal atau materiil lain guna mendukung acara dari panitia atau organisasi. Lalu, sebagai timbal balik, panitia atau organisasi wajib mengiklankan nama perusahaan tersebut saat acaranya berlangsung.

Tujuan utama dilakukannya brand sponsorship adalah untuk meningkatkan popularitas suatu brand di mata masyarakat luas. Masyarakat akan sulit untuk mengetahui produk atau perusahaan jika perusahaan tidak berusaha untuk memperkenalkannya kepada masyarakat. Dengan adanya upaya sponsorship, maka brand perusahaan akan lebih dikenal.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa dirasakan oleh perusahaan yang menjalankan brand sponsorship adalah meningkatnya penjualan produk. Bahkan dengan melakukan kegiatan promosi ini, masyarakat akan semakin tertarik untuk melakukan pembelian produk. Semakin luas brand sponsorship yang dilakukan oleh perusahaan, maka akan semakin besar juga kesempatan mereka untuk diminati oleh banyak orang.

Nah, Smart People, sampai saat ini kerjasama atau sponsorship sudah sering dilakukan oleh banyak pihak, terutama pihak pemilik perusahaan atau bisnis yang ingin memaksimalkan promosi produknya. Kegiatan sponsorship ini dianggap efektif oleh para pebisnis karena bisa meningkatkan nilai brand atau merk produk, bahkan mampu meningkatkan nama baik perusahaan tersebut.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »