Tanggal :27 January 2022

Pentingnya Hidrogen Sebagai Bahan Bakar Kendaraan Berat di Masa Depan

Ketika dunia semarak menyambut kendaraan listrik, terdapat salah satu sumber energi yang membayangi dan bisa saja menyalip di masa depan, yaitu hidrogen. Kajian Institute for Essential Services Reform (IESR) berjudul Deep Decarbonization of Indonesia’s Energy System menyatakan bahwa bahan bakar nabati dan hidrogen hijau akan menjadi bahan bakar kendaraan berat yang tak bisa menggunakan baterai seperti pada mobil penumpang bertenaga listrik.

Hidrogen di masa depan dapat menjadi bahan bakar untuk kereta api, pesawat terbang, mobil, truk, atau bahkan untuk pabrik. Julius selaku Spesialis Bahan Bakar Bersih IESR mengatakan bahwa kendaraan berat adalah yang paling berpeluang menggunakan hidrogen dan bahan bakar nabati. Ia mengatakan dalam jangka pendek, hidrogen berpotensi untuk mulai digunakan di sektor industri sambil melihat perkembangan keekonomiannya.

Merujuk pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Outlook Energy 2021, Peneliti BRIN Eniya Listiani Dewi mengemukakan pengembangan kendaraan listrik yang disertai dengan pemanfaatan energi terbarukan dapat secara efektif menurunkan emisi karbon. Menurut Eniya, teknologi pengembangan bahan bakar hidrogen hijau dengan konsep elektrolisis dari kombinasi PLTS atau turbin angin dapat menjadikannya sebagai penyimpan energi.

Saat ini, hidrogen dianggap sebagai sumber energi alternatif yang menjanjikan ketimbang bahan bakar fosil mengingat kelimpahan, keserbagunaan dan nol-emisinya. Dewan Hidrogen Global memperkirakan bahwa hidrogen dapat memenuhi 18% dari permintaan energi global pada tahun 2050. Hal ini juga dapat menjadi sasaran dari Smart Environment dalam mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung-jawab, dan berkelanjutan. Penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan masa depan turut serta mendukung pengembangan energi alternatif yang ramah lingkungan (environmentally friendly) dan berkelanjutan (sustainable) serta terjangkau bagi masyarakat.

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrasi : Arsy Eric

Referensi:

  1. https://www.suara.com/otomotif/2021/09/24/211208/hidrogen-akan-jadi-bahan-bakar-kendaraan-berat-di-masa-depan
  2. https://duniatambang.co.id/Berita/read/1713/Produsen-Alat-Tambang-Andalkan-Hidrogen-Untuk-Sumber-Energi-Masa-Depan
  3. https://data.bimakota.go.id/smart-environment
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.